oleh

Miris! Mayoritas Tak Lulus SMA, Tingkat Pendidikan Perempuan Milenial Rendah

BANDUNG – Mayoritas perempuan milenial di Jawa Barat (Jabar) ternyata hanya memiliki ijazah tingkat SMP.

Kondisi tersebut mencerminkan tingkat pendidikan perempuan milenial di Jabar yang memprihatinkan, karena tidak lulus jenjang SMA.

Berdasarkan hasil sensus penduduk 2020, jumlah generasi milenial di Jabar mencapai 12,65 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, hampir separuhnya (49,23%) adalah kaum perempuan.

Dari sisi pendidikan, rata-rata lama sekolah perempuan milenial Jabar hanya 10,11 tahun. Atau sama dengan tamat SMP dan melanjutkan pendidikan SMA hanya sampai kelas 2.

Di kelas dua, perempuan milenial di Jabar kebanyakan mengalami putus sekolah, karena tidak bisa menyelesaikan pendidikannya.

“Dari perempuan milenial itu hanya 54,73% yang tamat SMP. Sementara perempuan milenial yang tamat SMA dan Perguruan Tinggi hanya sebesar 45,27%,” kata Kepala BPS Provinsi Jawa Barat Dyah Anugrah Kuswardani dalam webinar dengan tema “Kiprah Perempuan Milenial dalam Pembangunan” dilansir dari jabarnews.com, Kamis (6/5).
Menurut dia, data tersebut menunjukkan bahwa masih adanya kesenjangan antara perempuan dan laki-laki pada generasi milenial.

Kesenjangan itu juga terjadi antara perempuan milenial di perkotaan dan perdesaan. Di mana, perempuan dengan tingkat pendidikan SMP mayoritas ada di pedesaan.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga