Encup Supriatna Raih Gelar Profesor Bidang Ilmu Sosiologi

BANDUNG – Bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim (ICMI) Orwil Jabar Encup Surpiatna berhasil meraih gelar Guru Besar (Profesor) Bidang Ilmu Sosiolgi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Gelar tertinggi akademisi itu dikukuhkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 28011/MPK.A/KP.05.01/2021 tentang kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen, tertanggal 26 April 2021.

Dengan demikian Jabatan semula Lektor Kepala/766 yang disandangnya sejak 1 November 2009  Kementrian Agama pada Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung dinaikan jabatannya menjadi Profesor/Guru Besar dalam Bidang Ilmu sosial dengan angka kredit sebesar 895,42.

Prof. Dr. H.Encup Supriatna, M.Si  dilahirkan di Cikampek 25 April 1963, Putra dari  pasangan Bapak Moh. Siman dan Ibu Siti Komrah mengaku bersyukur telah diraihnya gelar itu.

Baginya sebuah gelar adalah anugrah sekaligus amanah dan harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Gelar yang diperoleh selama ini adalah berkat doa dan dorongan keluarga, terutama doa dari kedua orang tua.

‘’Terima kasih kepada Kang  H.A, Kosasih.M (Alm), Teh E,Sutini (Almh), Adik Santosa, Suharyati, dan Engkas Hidayat. Sebab, tanpa bantuan dan dorongan dari meraka tentunya gelar ini, tidak mungkin bisa dirah,’’ucap Prof Encup.

Pria yang dikarunia empat anak itu, sangat bangga dengan dukungan sang istri dan ketiga anaknya.Sebab dukungan Istri tercinta  Hj. Eneng Masroah, AMKeb selalu memberikan semangat dan motivasi.

Ketiga anak Prof Encup,  Riza Fitria, MBA  merupakan Alumni ITB,  Agung Stani, SE  Alumni UIN SGD Teguh  masih Mahasiswa Semester 1 Alghifari  dan Sibungsu Cantika  masih berusia 7 Tahun.

‘’Saya merasa bahagia dan sangat bersyukur atas diraihnya gelar ini, Ini malam yang sangat membahagiakan bagi  dan kami sekeluarga  langsung sujud syukur setelah mendapatkan SK Pengangkatan sebagai Guru Besar, yang juga merupakan kado ulang tahun saya ke 58,’’kata dia.

Riwayat pendidikan Prof Encup diawali dengan menempung pendidikan di SD 03 Cikampek  pada 1976, kemudian sekolah MTsN  Cilamaya 1980, dan Alumni PGAN Cilamaya Tahun 1983.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan