oleh

Buruan Ajukan Pinjaman! Kredit KUR Tanpa Agunan Kini Sampai 100 Juta, Bunganya Cuma 3%,  

JAKARTA – Pada Rapat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pada Senin (3/5) lalu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto langsung menindaklanjuti arahan Presiden untuk meningkatan porsi kredit perbankan. Khususnya  untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Perlu diketahui, saat ini porsi kredit UMKM baru mencapai 18,8 persen dari total kredit perbankan. Sehingga perlu ditingkatkan secara bertahap.

Porsi untuk UMKM setidaknya menjadi lebih dari 30 persen pada 2024 nanti. Untuk itu, Pemerintah melalui Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM menambah subsidi bunga KUR. Termasuk  mengubah kebijakan pelaksanaan KUR.

“Jadi Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang tambahan subsidi pada bunga KUR sehingga menjadi 3 persen selama 6 bulan 1 Juli 2021 s.d. 31 Desember 2021,” ujar Menko Airlangga Hartarto.

Untuk alokasi subsidi itu, Pemerintah menyediakan anggaran sebesar Rp 4,39 triliun. untuk perpanjangan tambahan subsidi bunga KUR selama jangka waktu yang ditetapkan.

Adanya tambahan ini membuat total kebutuhan anggaran tambahan subsidi bunga KUR pada 2021 naik menjadi 7,84 triliun rupiah.

Selain itu, perubahan kebijakan KUR, salah satunya yaitu skema KUR tanpa jaminan. Awalnya tertinggi adalah 50 juta rupiah kini  jadi 100 juta rupiah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga