Kejar Herd Immunity, Lions Club International Gelar Vaksinasi Bagi Para Lansia

BANDUNG – Angka pasien penderita Covid-19 menunjukkan kaum lanjut usia (lansia) merupakan kelompok paling rentan terpapar virus dibandingkan kelompok lainnya.

Untuk mencegah keadaan tersebut makin memburuk, Yayasan Dharma Wulan bersama Kill Covid-19 Jakarta dan Ikatan Alumni (IKA) Universitas Katolik Parahyangan ikut andil dalam mensukseskan vaksinasi dengan menggandeng komunitas Lions Club International sebagai inisiator gebyar vaksinasi di Mall Piset Square, Kota Bandung, Rabu(28/4/2021).

Hal ini dilakukan guna menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity kelompok lansia.

Menurut Ketua Pelaksana Vaksinasi Lions Club International Distrik 307-B2 Rukita Surjaudaja, antusiasme masyarakat kategori lansia untuk menerima vaksinasi sangat tinggi. Hal ini berdasarkan data jumlah pendaftar yang mencapai ribuan orang.

“Dari form pendaftaran yang kami terima itu mencapai seribuan orang. Namun karena keterbatasan vaksin, jadinya kami hari ini menargetkan 500 orang untuk divaksinasi,” ujar Rukita ketika meninjau langsung penyuntikan vaksin.

Menurut Rukita, Para peserta vaksinasi tersebut adalah para lansia yang berusia di atas 60 tahun. Mereka terlebih dahulu harus mengisi formulir secara online. Selain itu, para lansia tersebut wajib didampingi.

“Rinciannya untuk vaksinasi hari ini adalah 350 bagi lansia dan 150 itu para pendamping. Nanti ke depannya kita akan coba perbanyak jumlah calon penerima vaksin tersebut,” imbuhnya.

Untuk penyuntikan dosis kedua, kata Rukita, tim dari Lions Club International akan mengirimkan SMS dan Pesan WhatsApp kepada para calon penerima vaksin terhitung 28 hari ke depan. Hal tersebut sebagai bentuk pengingat kepada para penerima vaksinasi.

“Kita siap untuk mengabdi, selalu untuk membantu masyarakat dan selalu siap untuk melayani masyarakat yang membutuhkan,” ujar Rukita yang juga berprofesi sebagai dokter itu.

Ditemui di tempat yang sama, Ketua Yayasan Dharma Wulan, Lanny Soewandi mengatakan pihaknya akan terus membantu pemerintah dalam penyuntikan vaksin, khususnya para lansia. Hal ini sejalan dengan visi-misi yayasan Dharma Wulan yaitu Mandiri, Bermartabat dan Bermakna bagi banyak bagi orang.

“Kegiatan semacam ini musti gencar dilakukan supaya Indonesia terbebas dari pandemi Covid-19, dan kita bisa hidup normal seperti sediakala lagi. Maka dari itu Yayasan Dharma Wulan akan all out untuk membantu program vaksinasi ini,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan