oleh

Cerita Habibi Jadi Inspirasi Ibnu Ciptakan Mobil Kecil Bertenaga Kuda

CIMAHI – Kesempatan bekerjasama dengan sosok mendiang BJ Habibie dimanfaatkan dengan baik seorang Ibnu Susilo (60), pria asal Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Keduanya pernah sama-sama berjuang membuat pesawat N250 kalau ini.

Keduanya pernah sama-sama mengabdi di PT Dirgantara Indonesia (DI) atau dulunya PT Industri Pesawat Terbang Nurtanio.

Cerita yang paling diingat Ibnu dari sosok Presiden RI ketiga itu adalah perihal kalahnya Jerman dalam perang, sehingga para insinyur membuat mobil-mobil kecil. Cerita itulah yang membuat Ibnu ini kian semangat untuk membuat mobil-mobil kecil bertenaga kuda.

Komodo merupakan kendaraan berjenis Utility Vehicle (UTV) karya anak dalam negeri yang diproduksi Fin Komodo yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Singkat cerita, tahun 2004, Ibnu Susilo memutuskan mengundurkan diri meskipun belum memasuki usia pensiun. Saat itu usianya masih 44 tahun. Sejak keluar, dia mulai fokus membuat perencanaan kendaraan berkapasitas 250 cc itu.

Ada sejumlah alasan yang membuat pria lulusan Institut Teknologi Surabaya (ITS) itu ingin membuat kendaraan pabrikan anak bangsa. Pertama, ia melihat masih banyak wilayah pedesaan di Sabang sampai Merauke yang belum tersentuh infrastruktur yang memadai.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga