oleh

Percepat Sertifikasi Vaksin Sinovac, Wapres Desak China untuk Lakukan Ini

JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendesak Pemerintah China dan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin untuk melobi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organisation (WHO) agar mempercepat sertifikasi vaksin COVID-19 produksi Sinovac.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi, dalam keterangan di Jakarta, Kamis, mengatakan desakan Wapres tersebut antara lain bertujuan agar jamaah umrah asal Indonesia diizinkan melakukan ibadah umrah di Makkah, Arab Saudi.

Baca Juga:  Jelang Libur Lebaran, Disbudpar Kota Bandung Siapkan Rapid Test di Tempat Wisata

“Pemerintah Indonesia mendorong Pemerintah China agar segera melakukan proses secepatnya, supaya WHO bisa segera memberikan sertifikasi kepada Sinovac sehingga tidak ada hambatan lagi bagi jemaah umrah dari Indonesia yang mau beribadah,” katanya.

Sementara itu, Wapres juga meminta Menkes dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas untuk ikut melobi Pemerintah Arab Saudi agar jamaah umrah dari Indonesia yang sudah divaksin Sinovac bisa melaksanakan ibadah itu.

Baca Juga:  Kemendag Siapkan Aturan Perdagangan Online

“Wapres juga meminta kepada Menkes untuk melakukan lobi, baik ke Pemerintah Arab Saudi, bagaimana supaya sebisa mungkin yang namanya vaksin Sinovac itu diperbolehkan. Itu yang diminta Wapres supaya dilobi ke Pemerintah Arab Saudi,” katanya.

Masduki mengatakan upaya lobi-lobi tersebut diperlukan karena Pemerintah Arab Saudi hanya menerima jamaah umrah yang sudah mendapatkan vaksin COVID-19 sesuai daftar penggunaan darurat atau emergency use listing (EUL) dari WHO.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga