Warganya Terpapar Covid-19, Lurah Rancaekek Kencana Pastikan Aman Terkendali

BANDUNG – Penanganan Covid-19 masih dilakukan oleh pihak pemerintah, bahkan tingat kecamatan serta desa juga menjadi faktor penting dalam menekan angka penyebaran virus Corona.

Terkait hal tersebut, Lurah Rancaekek Kencana, Irwan Hardiansyah pastikan warganya yang diketahui terpapar positif virus Covid-19, aman terkendali.

“Secara jumlah, kita memang di bawah 10 orang yang sedang diisolasi mandiri,” kata Irwan kepada Jabarekspres.com saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis (22/4).

Irwan menuturkan, bahwa pihak kelurahan telah membentuk posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Alhamdulillah, pada bulan Januari kita membentuk posko PPKM, posko terpadu tingkat kelurahan. Kemudian di tingkat RT dan RW kita bentuk posko pencegahan Covid-19,” ujarnya.

Ia menerangkan, bahwa posko tersebut dibentuk sebagai tindak lanjut dalam memantau warga yang terpapar virus Covid-19.

“Apabila ada yang terdeteksi terpapar Covid dan sudah ada hasil dari pihak kesehatan, kita lakukan isolasi mandiri. Jadi dikomunikasikan dari warga ke posko RT, lalu ke posko RW dan kemudian ke posko terpadu tingkat kelurahan,” ucapnya.

Lurah menjelaskan, apabila ada warganya yang diketahui terpapar positif virus Covid-19, maka perlu selalu berkordinasi dengan pihak Ketua RT setempat.

Sementara itu, untuk warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah, Irwan mengatakan bahwa warga tersebut selalu diperhatikan oleh para tetangga dalam persoalan kebutuhan sehari-hari.

“Pada pandemi Covid-19 ini di kelurahan itu untuk tingkat RW ditanggulangi swadaya tingkat RW. Karena di kelurahan tidak ada anggaran, berbeda dengan desa. Kalau desa ada,” imbuhnya.

Meskipun demikian, Lurah menerangkan bahwa melalui rapat tingkat kabupaten, pihaknya diberi keluasan untuk mengusulkan.

“Kita sudah mengusulkan, berapa yang dibutuhkan. Pihak kabupaten sudah memberi sinyal berapa yang dibutuhkan untuk menangani warga yang isolasi mandiri,” pungkasnya.

Dalam pemaparannya, Lurah berpesan kepada para warganya agar tetap menjaga protokol kesehatan, sebab ujarnya, pandemi Covid-19 masih belum usai.

“Mudah-mudahan pasca bulan Ramadhan kita bisa jadi manusia yang lebih bermanfaat bagi orang lain, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah dan bisa menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan,” tutup Irwan. (Mg6)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan