Musik yang Merepresentasikan Islam, Adakah?

Agar dorongan ekspresi lokal bisa terfasilitasi dan wibawa religius tetap terjaga, maka dibutuhkanlah ruang alternatif yang mampu mendamaikan keduanya. Di akar rumput, ada saja santri yang berkreasi mengkombinasikan sholawat, gitar dan ketukan lokal. Di tataran meso, sholawat langgam Jawa menjadi track wajib dalam pagelaran grup sholawat besar seperti grup Qudsiyyah ataupun grupnya Habib Syech. Di puncak tertinggi, ada grup Ki Ageng Ganjur sebagai ruang alternatif.

Berbeda dengan kalangan pesantren yang lebih lentur terhadap unsur lokal, kalangan muslim non-pesantren, kelompok urban khususnya, cederung lebih lentur terhadap unsur pop. Maher Zain, Mesut Kurtis dan Nisa Sabyan adalah beberapa penyanyi yang cukup menggema di kabin mobil, pusat perbelanjaan, ataupun teaser–teaser acara Islami.

Nama-nama tersebut adalah themesong puncak kedamaian antara keamanan finansial dan keamanan akhirat. Di bulan puasa, atau di momen menjelang lebaran, nyanyian-nya beriringan dengan hasrat konsumerisme yang tumpah di pusat perbelanjaan, ataupun dengan potret kemiskinan yang menggugah iman dan keinginan bersedekah.

Kontras dengan situasi urban, beberapa daerah yang masih kental adatnya, muatan Islam dan Arab meresap kedalam spontanitas musik lokal: Di Aceh misalnya, ada Rateup Maseukat; di beberapa daerah di Kalimantan, Sulawesi dan Maluku, Zafin dan Gambus Melayu cukup populer dimainkan pada acara-acara tertentu seperti pernikahan misalnya.

Namun tiga konteks musikal yang telah disebutkan di atas punya masalah yang berbeda satu-sama lain bila salah satunya dijadikan musik yang merepresentasikan Islam. Musik yang ada dilingkungan pesantren, boleh jadi punya subtansi yang sangat Islam dan menghimpun spontanitas yang cukup menyegarkan. Namun, di saat yang sama, resonansinya tidak cukup universal untuk menyentuh kalangan yang akar lokalnya beda, dan tidak cukup berkembang struktur bangunan melodinya.

Berbeda dengan itu, musik-musik yang berpusar dalam kehidupan muslim non-pesantren kiranya perlu dipertanyakan pantas atau tidaknya untuk dijadikan representasi ‘musik Islam,’ mengingat ibu kandungnya berasal dari industri kapitalistik berbasis penyeragaman, yang kering dari ketulusan dan spontanitas.

Sementara itu, musik Islami kedaerahan mungkin punya ketulusan dan spontanitas yang jernih, dan punya struktur bangunan melodi dan kualitas lirik yang tak bisa disamakan satu sama lain. Namun, karakternya yang demikianlah membuat musik jenis ini kesulitan untuk menyentuh relung manusia secara universal.

Tinggalkan Balasan