Perbanyak Sifat Dermawan (Pemurah) di Bulan Ramadan

 

Dalam hadits yang lain Rasulullah Saw. Bersabda, “Lindungilah kehormatan kalian dengan harta benda kalian.” (HR. Al-Khathib). Dalam hadits yang lain juga dinyatakan, “Peliharalah kehormatan kalian dengan harta kalian, dan hendaknya seseorang di antara kalian membela agamanya melalui lisannya dengan cara yang baik.” (HR. Imam Ibnu ‘Asakir).

 

Kedua hadits ini menganjurkan kepada kita agar bersikap dermawan karena orang yang dermawan itu disegani oleh orang lain; mereka tidak dapat berbuat yang tidak layak terhadap seseorang yang mempunyai sifat ini. Oleh sebab itulah, Nabi Saw. Melalui hadits ini menganjurkan, “Lindungilah kehormatan kalian dengan harta benda”, maksudnya bermurah hati dan bersifat dermawanlah kalian, niscaya kehormatan kalian akan disegani dan dihargai. Dalam hadits yang lain juga dinyatakan, “Barang siapa di antara kalian mampu memelihara agama dan kehormatannya dengan harta bendanya, maka hendaknya ia mengerjakan (hal tersebut).”

 

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam, telah bersabda, : “Tiap menjelang pagi hari dua malaikat turun. Yang satu berdo’a : “Ya Allah, kùrniakanlah bagi orang yang menginfakkan hartanya tambahan peninggalan.” Malaikat yang satu lagi berdo’a, “Ya Allah, timpakan kerusakan (kemusnahan) bagi harta yang ditahannya (dibakhilkannya)”. (HR. Muslim & Bukhari).

 

Hadits ini menjelaskan bahwa barangsiapa yang bersikap dermawan, maka ia didoakan oleh dua malaikat agar hartanya bertambah. Dan barangsiapa yang bersikap kikir, maka kedua malaikat itu mendoakannya agar hartanya rusak dan binasa.

 

Allah subhanahu wata’ala telah berfirman dalam surat al-Anfal, 8: 3-4, : “(Yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka. Itulah orang-orang beriman dengan sebenar-benarnya.”

 

Kedermawanan adalah sifat pertengahan antara kikir dan boros. Allah subhanahu wata’ala telah berfirman, : “Dan janganlah kamu jadikan tanganmu terbelenggu pada lehermu dan janganlah kamu terlalu mengulurkannya sehingga kamu menjadi tercela dan menyesal”. (al-Isrâ, 17:29).

 

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah bersabda, : “Sifat dermawan (pemurah) merupakan suatu pohon di antara pohon-pohon surga yang ranting-rantingnya menjulur hingga ke dunia; barangsiapa memegang salah satu dari rantingnya, maka ranting tersebut akan menuntunnya ke surga. Sifat kikir merupakan salah satu pohon di antara pohon-pohon neraka yang ranting-rantingnya menjulur ke dunia; barangsiapa memegang salah satu di antaranya, maka ranting tersebut akan menuntunnya ke neraka.” (HR. Baihaqi).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan