Vaksinasi Gelombang 3 Tertunda, Kelompok Lansia Dialihkan ke RS UI

DEPOK – Pelaksanaan vaksinasi tahap II bagi kelompok lanjut usia (lansia) dan pelayan publik di RSUD Kota Depo sampai sekarang masih tetap dilanjutkan. Meski begitu, terdapat beberapa perubahan jadwal pelaksanaan maupun sasaran.

Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Lely Nurlaely mengungkapkan beberapa perubahan pelaksanaan vaksinasi tersebut disebabkan adanya perubahan kebijakan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Jadi untuk vaksin tahap kedua, gelombang 2 itu ada beberapa perubahan yang tidak sesuai dengan jadwal di awal. Seperti lansia dulu kan dibagi-bagi. Nah sekarang yang lansia sudah dipusatkan ke RS UI. Tapi terkait kebijakan itu lebih jelas mungkin bisa ditanyakan ke Dinkes,” ungkap Lely saat dihubungi, Kamis (15/4).

 

Belum Ada Jadwal Vaksinasi Gelombang 3

Lely menjelaskan, sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan jadwal vaksinasi gelombang 3, namun pihaknya masih tetap merampungkan sisa sasaran di gelombang 2.

“Gelombang 3 belum dibuka. Untuk info terkait jadwal pelaksanaan vaksinasi kebetulan bukan wewenang kami. Tugas kami sekarang adalah menyelesaikan sasaran yang belum rampung di gelombang 2,” terangnya.

“Jadi sementara ini RSUD masih fokus menyelesaikan target sasaran sebelumnya yang belum tercapai,” tambah Lely.

Lely juga mengatakan, pihak RSUD masih menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi belakangan ini, misalnya pengalihan beberapa sasaran vaksinasi dari rumah sakit lain ke RSUD.

“Belum lagi belakangan terjadi beberapa perubahan, seperti ada kebijakan pengalihan beberapa rumah sakit lain yang dialihkan ke RSUD,” timpal dia.

Selanjutnya, beberapa sasaran seperti lansia juga belakangan mengalami perubahan, dari yang tadinya di RSUD dialihkan atau dipusatkan ke rumah sakit UI.

“Adanya perubahan tersebut, mau tidak mau, kami harus menyesuaikan lagi dengan jadwal dan tugas terbaru itu. Sehingga belum fokus pada gelombang ketiga, selain memang itu juga bergantung dari jadwal yang dikeluarkan Dinkes,”ujar Lely.

Di bulan Ramadan ini, untuk jadwal pelaksanaan vaksinasi tidak mengalami perubahan dan semua berjalan seperti biasanya.

“Untuk kegiatan tidak ada perubahan, jadi semua berjalan seperti sediakala. Sedangkan untuk vaksin sekarang kami dari RSUD masih mencoba menyesuaikan sisa vaksin yang disediakan untuk Gelombang kedua,” tutup Lely (mg12).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan