Tingkatkan Pemanfaatan EBT, Progres PLTA Jatigede Capai 85%

SUMEDANG – Progres pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Jatigede 2×25 Mega Watt (MW) di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat telah mencapai 85 persen. Percepatan pembangunan ini sejalan dengan komitmen PLN dengan pilar green yang tertuang dalam transformasi PLN guna meningkatkan pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT).

Direktur Mega Proyek dan EBT PLN, M. Ikhsan Asaad didampingi oleh General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT), Octavianus Duha melakukan kunjungan secara langsung untuk memastikan progres pembangunan PLTA Jatigede sesuai dengan target.

Dalam kunjungannya M Ikhsan menyampaikan, progres pembangunan PLTA Jatigede efektif mulai sejak 2015 lalu dan saat ini telah menunjukkan  progres signifikan, PLTA Jatigede nantinya dimanfaatkan untuk mendukung sistem kelistrikan interkoneksi Jawa-Bali.

Progres pembangunan

”Proyek PLTA saat ini sudah mencapai 85 persen, meski ada beberapa tantangan tersendiri namun kami yakin dengan kerja keras dan kolaborasi yang baik antara PLN, Unit pelaksana dan juga kontraktor, serta dukungan dari Kementerian ESDM dan Kementrian PUPR proyek ini akan dapat kami selesaikan di tahun 2021 ini,” jelas Ikhsan.

Dengan kapasitas total 110 MW PLTA Jatigede memiliki potensi target produksi listrik tahunan sebesar 462.6 Giga Watt Hour (GWH) dengan peak hour: 157.4 GWH dan off peak hour: 305.2 GWH.

Saat ini progres pengerjaan meliputi pembangunan gedung pembangkit (power house) dengan tipe semiunderground, saluran pembawa air (water ways), tangki pandatar air (surge tank), pipa pesat (penstock), saluran buang (tailrace), bangunan transmisi (transformer yard, switchyard), jaringan transmisi (transmission line) dan peralatan electromechanical (turbin, generator, control unit) serta bangunan penunjang lainnya.

Pengecekan terowongan

Adapun nilai investasi pembangkit ini mencapai USD 85 juta dan Rp 735 miliar dengan sumber dana yang berasal dari Anggaran PLN (APLN) dan Export Credit Agency (ECA). Sedangkan untuk pekerjaan utama PLTA Jatigede, PLN telah menunjuk kontraktor pelaksana yaitu Konsorsium Sinohydro – PT PP (Persero) dan PLN Enjiniring sebagai konsultan.

Salah satu capaian penting dalam progres pengerjaan PLTA, PLN UIP JBT pada Oktober 2019 lalu telah berhasil menyelesaikan pekerjaan top heading excavation atau penggalian saluran air di headrace tunnel sepanjang 2.218,73 meter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan