Tingkatkan Pemanfaatan EBT, Progres PLTA Jatigede Capai 85%

Headrace tunnel berfungsi sebagai terowongan penghubung penampungan air dengan penstock, yang juga terhubung dengan power station. Saat beroperasi nanti, pembangkit ini direncanakan akan memanfaatkan air dari Waduk Jatigede di Sungai Cimanuk, dengan membuat struktur intake untuk mengalirkan air ke terowongan menuju power house dan menghasilkan listrik sebesar 110 MW.

M Ikhsan menyebutkan, selain PLTA Jati Gede,  PLN juga membangun beberapa proyek pembangkit listrik EBT lainnya di Provinsi Jawa Barat.

”PLN sangat mendukung pencapaian target program energi terbarukan 23 persen pada 2025. Selain PLTA Jatigede, kami akan terus menggenjot penyelesaian program-program EBT lainnya di Jawa Barat.” imbuh Ikhsan.

Proyek tersebut di antaranya PLTA Upper Cisokan Pumped Storage 4 x260 MW di perbatasan Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Serta, PLTP Tangkuban Perahu 3 x 20 MW yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sehingga total pembangkit listrik green energy di Jawa Barat yang akan dibangun oleh PLN adalah sebesar 1210 MW (sumber data RUPTL PT PLN (Persero) Tahun 2019-2028). (adv/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan