oleh

Hati-Hati, Potensi Cuaca Ekstrem Banjir Bandang Masih Mengintai Jabar

BANDUNG – Beberapa wilayah di Jawa Barat (Jabar) disinyalir masih akan menghadapi cuaca ekstrem untuk beberapa hari ke depan. Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang yang berlaku tanggal 15-16 April, terdapat 11 kota yang berpotensi terdampak dengan status waspada.

Mengenai hal itu, Kepala Badan Meteorologi dan Klimatologi Geofisika (BMKG) Kota Bandung Teguh Rahayu membeberkan penyebab masih rawannya terjadi cuaca buruk di sejumlah wilayah di Jawa Barat. Menurut kajian yang dilakukan timnya, adanya siklon 94 W menjadi pemicunya.

“Sebetulnya ada bibit siklon 94 W di utara khatulistiwa tidak berdampak langsung ke wilayah Jabar. Dampak siklon tropis secara langsung dalam radius kurang dari 200 kilometer.

Adanya bibit siklon 94 W menyebabkan monsun australia/angin timuran aktif dan menyebabkan pola anginnya variabel. Ada dari arah barat-barat laut ada dari arah timur-tenggara.

Sehingga menyebabkan potensi hujan yang terjadi di sertai petir seperti saat ini,” ujarnya di Bandung kepada Jabarekspres.com pada Rabu (14/4).

Ayu -sapaan akrab Teguh Rahayu- menambahkan untuk daerah Nusa Tenggara Timur terdapat siklon tropis seroja, yang penyebabnya tidak lepas dari akibat pemanasan global.

Namun, untuk bibit siklon 94W berdampak pada perubahan pola angin, menjadi pemicu angin timur tenggara.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga