The Flu, Film Pendek Karya Satlantas Polres Cimahi Ingatkan Masyarakat untuk Tak Mudik

CIMAHI – Pemerintah menghimbau kepada masyarakat bahwa lebaran tahun 2021 tidak diperbolehkan mudik karena sebagai bentuk mendukung program vaksinasi dan mencegah penularan Covid-19.

Hal tersebut dikonfirmasi dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 No. 13 Tahun 2021 bahwa Pemerintah resmi melarang masyarakat untuk mudik lebaran 2021 yang terhitung mulai tanggal 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021.

Larangan itu didukung dengan adanya pelaksanaan Ops Keselamatan Lodaya 202 yang berfokus pada peningkatan pemahaman masyarakat mengenai larangan mudik 2021.

Selanjutnya, Satlantas Polres Cimahi memproduksi film pendek dengan tema larangan mudik sebagai bentuk teguran kepada masyarakat bahwa jangan mudik apalagi dengan cara nekat atau mudik secara diam-diam.

“Kita sebagai sarana kepada masyarakat untuk tahun 2021 diharapkan masyarakat tidak melaksanakan mudik dikarenakan kita masih dalam pandemi covid-19, dan untuk anggotanya kita membuat anggota kita sendiri kemudian dibantu oleh masyarakat,” ungkap Kasatlantas Polres Cimahi Akp Sudirianto S.H. M.M, di Mapolres Cimahi, Rabu (14/4).

Dalam film tersebut diceritakan seorang pemuda bersiap-siap untuk berangkat mudik, ketika ia melihat cuplikan video dari pemerintah bahwa di tahun ini tidak diperbolehkan mudik.

Tampaknya, ia tidak peduli dengan pesan melalui video tersebut akhirnya ia menekat mudik secara diam-diam dengan mobil box untuk mengecoh petugas ketika ia tiba di kampungnya seluruh warga bahkan termasuk istrinya sendiri terpapar virus Covid-19 akibat kedatangan dirinya dari kota tersebut.

“Isinya seseorang yang sangat ingin mudik ke kampung karena sudah 2 tahun kita ketahui bahwa kita tidak mudik kemudian dia memaksakan diri untuk mengelabui petugas naik kendaraan box tapi pada saat beliau mengalami mimpi bahwa mudik itu sebenarnya berdampak akan menularkan virus kemudian dia dibangunkan oleh petugas kita di lapangan,” tambahnya.

Pesan yang disampaikan dari Satlantas Polres Cimahi kepada masyarakat bahwa lebih baik di rumah saja untuk bersilahturahmi melalui online bisa melalui baik zoom meeting, google meet, dan lain-lain agar tetap di rumah dan tidak melaksanakan mudik yang akan berdampak menyebar covid-19.

“Harapannya supaya masyarakat menyadari bahwa ditahun ini memang kita harus tidak mudik dengan adanya membuat film tersebut agar masyarakat mudah mencerna dan mudah memahami bahwa kita tidak harus mudik,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan