oleh

Jalan Boulevard Depok Ambruk, Dewan Ingatkan Pentingnya Menjaga Fungsi Alam

DEPOK – Hujan deras yang mengguyur Kota Depok semalam membuat ruas jalan Boulevard, Grand Depok City (GDC) ambruk kurang lebih 4 meter.

Peristiwa tersebut diduga terjadi akibat derasnya aliran air sungai yang membuat fondasi jalan tergerus karena tak mampu menahan beban di atasnya.

Menanggapi bencana tersebut, anggota Dewan Provinsi Jawa Barat, H.M. Hasbullah Rahmat memperingatkan kepada warga agar senantiasa memperhatikan fungsi alam.

Baca Juga:  Ketua Satgas Covid-19: Jangan Sampai Silaturahmi Berakhir Tragis

“Terkait ambruknya jalanan Kali Kumba itu sebenarnya jalanan air. Tapi karena di atas bahu kali itu dipakai, sementara di bawahnya itu kali, jadi gak kuat menahan beban di atas,” kata Hasbullah kepada wartawan, Selasa (13/4).

 

Seharusnya Tak Ada Bangunan di Bantaran Sungai

Menurut Hasbullah, warga semestinya tahu bahwa yang namanya kali atau sungai tidak boleh ada bangunan di atasnya ataupun di bagian bahu atau bantaran sungai tersebut.

Baca Juga:  Jelang Idul Fitri, Dishub Kabupaten Bandung Siap Laksanakan Penyekatan

“Harusnya kalau itu kali aliran sungai, tidak boleh ada bangunan baik itu di atas (bahu) kali. Karena itu kali mengalir, coba ditutup supaya mendapat space (tempat) parkir lebih lebar. Apalagi sekarang musim hujan ya,” tegas dia.

Karenanya, ia meminta kepada masyarakat agar tetap mematuhi rambu-rambu alam (sunatullah) yang kerap menimbulkan reaksi berupa bencana atau musibah tatkala ada yang mencoba melanggarnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga