oleh

Vaksin Sinovac Disebut Tak Manjur jika 1 Suntikan, Tiongkok Tersinggung

JAKARTA – Direktur Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) Tiongkok membantah klaim oleh beberapa outlet media Barat soal kemanjuran vaksin Covid-19. Media Barat menyebutkan bahwa vaksin Sinovac asal Tiongkok hanya manjur jika dua kali dosis. Dengan kata lain, tak manjur jika hanya sekali dosis atau sekali suntikan.

CDC Tiongkok tersinggung dan menegaskan anggapan itu sebagai kesalahpahaman total. Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Global Times, Kepala CDC Tiongkok Gao Fu, mengatakan ketika para ilmuwan di seluruh dunia membahas kemanjuran vaksin, dia menawarkan sebuah visi ilmiah. Yakni untuk meningkatkan kemanjuran, penyesuaian prosedur vaksinasi dan inokulasi berurutan yang berbeda hingga jenis vaksin mungkin bisa menjadi pilihan.

Baca Juga:  Kapan Tepatnya Zakat Fitrah Dibayarkan? Begini Penjelasan MUI Kota Bandung

“Tingkat perlindungan semua vaksin di dunia terkadang tinggi, dan terkadang rendah. Bagaimana meningkatkan kemanjurannya merupakan pertanyaan yang perlu dipertimbangkan oleh para ilmuwan di seluruh dunia,” kata Gao.

“Dalam hal ini, saya menyarankan agar kita dapat mempertimbangkan untuk menyesuaikan proses vaksinasi, seperti jumlah dosis dan interval dan mengadopsi vaksinasi berurutan dengan berbagai jenis vaksin,” jelasnya.

Gao menekankan, karena ini adalah pertama kalinya manusia menghadapi Covid-19, ada banyak masalah ilmiah yang harus dipelajari terkait vaksinasi. “Ini juga pertama kalinya manusia divaksinasi dengan vaksin Novel Coronavirus. Semua prosedur vaksinasi yang kami adopsi sejauh ini didasarkan pada ekstrapolasi inokulasi vaksin virus lain sebelumnya, dan ekstrapolasi itu telah bekerja dengan cukup baik,” kata Gao.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga