oleh

4 Kiat Aman Salat Tarawih Berjamaah di Masa Pandemi

JAKARTA – Salat tarawih dimasjid secara bersama-sama atau berjemaah menjadi salah satu hal yang dinantikan oleh umat muslim. Ketua Divisi Pedoman & Protokol Tim Mitigasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Dr dr Eka Ginanjar, SpPD-KKV memberikan panduan kepada masyarakat yang ingin menjalankan salat tarawih di masjid pada Ramadan tahun ini.

1. Jangan lupa protokol kesehatan

Pertama, pastikan masjid atau mushola tempat melaksanakan tarawih sudah menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan mengikuti arahan dari pemerintah mengenai ketentuan pelaksanaan tarawih. “Seperti jarak shaf dijaga, ceramah tidak terlalu lama hingga sirkulasi udara baik,” kata Eka Ginanjar yang juga Sekjen Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI)?, Senin.

Baca Juga:  Perempuan Lebih Rentan Tertular Covid-19, Begini Kata Sri Mulyani

2. Kondisi badan sehat

Dokter Eka menjelaskan, pastikan juga tubuh dalam kondisi sehat dan fit bila ingin beribadah di masjid. Jika merasa tidak sehat atau tubuh kurang fit, lebih baik shalat tarawih di rumah. “Pastikan kita melaksanakan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan selalu,” dia mengingatkan.

3. Jangan lepaskan masker

Agar tidak repot melepas masker di masjid, sebaiknya berwudhu dari rumah sehingga masker tidak perlu dicopot dan dipakai lagi akibat harus berwudhu di masjid atau mushala. Sebaiknya Anda sama sekali tidak melepas masker di masjid. “Selama di masjid masker tidak boleh lepas. Makanya saya sarankan untuk berwudhu di rumah dan terus memakai masker selama di masjid, sehingga sholat pun harus pakai masker,” kata dia.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga