Ubah Sampah Organik Jadi Manfaat dengan Buat Eco Enzyme

“Ternyata enzyme itu bermanfaat. Begitu saya panen, saya mulai menggunakan. Saya semprot semua ruangan. Begitu disemprot, nyamuk tidak kelihatan,”papar Dody.

Cairan eco enzyme merupakan cairan berjuta manfaat yang bisa menjadi filter udara, penjernih air, booster tanaman, pembersih, serta P3K kesehatan.

Selanjutnya, iapun menjelaskan cara pembuatan Eco Enzyme tersebut. Cara pembuatannya mudah, hanya perlu menyiapkan barang-barang yang umum ada di rumah. Seperti pisau, timbangan, talenan, gelas ukur, serta wadah plastik.

Untuk bahan pembuatannya, siapkan gula molase atau gula aren. Bisa juga menggunakan gula merah tebu, gula kelapa, atau gula lontar.

Sementara itu, bahan organik yang digunakan berupa sisa kulit buah atau sisa sayur. Jangan menggunakan bahan organik yang sudah busuk atau sudah diolah. Siapkan pula air bersih.

Cara Pembuatan Eco Enzyme

  1. Tuangkan air bersih.

Jumlah air bersih 60% dari kapasitas wadah. Untuk jenis airnya, boleh menggunakan air sumur, air hujan, ataupun air galon.

  1. Timbang bahan gula.

Rumus fermentasi eco enzyme 1-3-10, terdiri atas 1 bagian gula-3 bahan organik, dan 10 bagian air. Dalam webinar tersebut, contoh menunjukkan perbandingan 1 gula-3 bahan organik-10 air dengan ukuran 180 gram gula-540 gram bahan organik-1,8 liter air bersih.

  1. Bahan organik

Siapkan bahan organik yang sudah dicuci bersih. Potong bahan organik menjadi bagian kecil-kecil. Semakin banyak jenis bahan yang terpakai, semakin kaya hasil eco enzyme.

Bahan organik untuk membuat eco enzyme ini bisa berasal dari semua sisa buah, kulit buah, sisa sayuran. Agar hasil eco enzyme lebih wangi, gunakan 70% bahan organik dari buah. Pastikan semua bahan ditimbang dengan akurat, tidak kotor, tidak berulat.

  1. Campurkan molase ke air bersih.

Pastikan semua molase terpakai dan habiskan dengan menggunakan spatula atau sendok bahan plastik. Lalu, aduk rata air dan bahan gula hingga menyatu dengan alat aduk yang juga berbahan plastik. Ingat, bahan eco enzyme hanya mengisi 60% dari wadah.

Jika sudah menyatu dengan baik, masukkan bahan organik ke dalam campuran air bersih dan molase. Pastikan semuanya tercampur baik. Lalu tutup wadahnya rapat-rapat, gunakan tambahan berupa plastik kedap udara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan