oleh

Ratri 02 dan 02

Adik Ratri dinyatakan positif. Demikian juga Ratri. Lalu ibu mereka, Maria.

Ratri sendiri kebetulan belum lagi sebulan pulang ke Jakarta. Sebenarnya Ratri sudah bekerja di Wina, Austria. Sebelum itu Ratri tinggal di Los Angeles. Kerja di sana. Tapi visa kerja Ratri tidak bisa berlanjut di saat Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat.

Ratri memang kuliah di Los Angeles. Dia menamatkan S-2 di sana: dengan gelar master di bidang kesenian dan produser pertunjukan seni.

Sebenarnya S-1 Ratri di ilmu hubungan internasional –dari Universitas Parahyangan, Bandung. Tapi keluarga ini benar-benar keluarga seniman. Maria menurunkan jiwa seni penuh ke ketiga anaknyi. Yang pertama, laki-laki, kini di Bali: Bhismo Wrhaspati. Seorang musisi. Grup musiknya bernama KunoKini.

Ratri dan adiknya mewarisi bakat tari ibu mereka. Ketika sang ibu mendirikan sanggar tari di rumah besar itu, Ratri dan sang adik ikut menjadi guru tari. Sang adik, Sita Tyasutami, jadi guru tari Jawa.

Ketiga anak itu sekolah dasar sampai menengah di Kanada –ikut ibu mereka yang mendapat beasiswa S-2 di sana. Sang ibu tetap mengasuh tiga anak itu ketika berpisah dengan sang suami – -yang bekerja di perusahaan konstruksi.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga