oleh

Pemerintah Santunkan Rp1,140 Miliar Dana Bantuan untuk NTT

JAKARTA – Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) Pepen Nazaruddin mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan senilai Rp2,6 miliar untuk pemenuhan kebutuhan dasar dan santunan bagi korban banjir bandang dan tanah longsor di Flores Timur dan Lembata, NTT. Selain itu, pemerintah turut memberikan santuan senilai Rp1,140 miliar untuk ahli waris bagi keluarga korban yang meninggal dunia.

“Bantuan akan sampai siang ini,” katanya, Senin (5/4).

Baca Juga:  Anak Kedua Raffi Nagita Kembar Identik?

Dijelaskannya, logistik bantuan bersumber dari Gudang Dinas Sosial NTT dan Gudang Dinas Sosial Jawa Timur serta belanja langsung. Tak hanya itu, pihaknya juga menyalurkan santunan untuk 76 korban meninggal dunia Rp1,140 miliar. Bantuan tersebut diserahkan kepada ahli waris masing-masing sebesar Rp15 juta. Ditambahkan Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Syafii Nasution untuk 27 korban luka berat akan diberikan santunan dengan total Rp135 juta.

Baca Juga:  Reaksi Melongo Nisa Sabyan Saat Kedatangan Ayus

Dikatakan Syafii, Kemensos juga menerjunkan Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk penanganan bencana. Tim bersinergi dengan unsur-unsur terkait.

“Tim Tagana bertugas melakukan pendataan korban, evakuasi korban ke tempat aman khususnya kepada kelompok rentan yang terdiri atas lansia, anak-anak, penyandang disabilitas, dan kelompok khusus lainnya,” jelasnya.

Selain itu, kata Syafii, Tagana juga membantu melakukan pendistribusian logistik untuk pemenuhan kebutuhan dasar korban bencana banjir baik ahli waris korban meninggal dunia dan korban luka-luka. (fin)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga