HYBE Akuisisi Ithaca Holdings, JB, Ariana dan BTS Jadi Satu Manajemen, Ini Penjelasan Lengkapnya

Berita bahwa HYBE (sebelumnya bernama Big Hit Entertainment) akan bergabung dengan perusahaan Scooter Braun, Ithaca Holdings, telah menggegerkan fandom K-Pop sejak pengumumannya.

Melansir dari Koreaboo, berikut adalah rangkuman singkat tentang bagaimana kelanjutannya di HYBE dan artisnya.

Pertama dan terpenting, HYBE adalah nama baru dari perusahaan induk yang sebelumnya bernama Big Hit Entertainment. Perusahaan ini awalnya terkenal karena memiliki Big Hit Music (perusahaan yang mengelola BTS dan TXT).

Anak Perusahaan HYBE

Source Music (yang mengelola GFRIEND),

Pledis Entertainment (yang mengelola SEVENTEEN dan NU’EST)

Lab BELIFT (yang mengelola ENHYPEN sehubungan dengan CJ E&M)

KOZ Entertainment (didirikan oleh Zico).

Bersamaan dengan Label HYBE, perusahaan memiliki beberapa cabang lain: HYBE Platforms (Weverse), HYBE Solutions (untuk kekayaan intelektual, pendidikan, dan lainnya), dan HYBE America, sebelumnya dikenal sebagai Big Hit America.

 

HYBE dan Ithaca Holdings

Penggabungan baru ini akan membuat HYBE America menjadi 100% pemilik Ithaca Holdings. Secara teknis, akuisisi adalah ketika satu perusahaan membeli sebagian besar atau keseluruhan saham perusahaan lain untuk mengendalikannya.

Sementara, merger melibatkan kedua perusahaan yang bergabung untuk membentuk entitas baru. Namun, istilah tersebut sering terpakai secara bergantian karena sifat unik dari setiap kemitraan baru.

Saat ini, Ithaca Holdings diharapkan menjadi anak perusahaan HYBE America daripada langsung bergabung dengannya. HYBE America akan mengakuisisi Ithaca Holdings melalui anak perusahaan mergernya sendiri, Big Hit Odyssey. Big Hit Odyssey kemudian akan dibubarkan, meninggalkan Ithaca Holdings sebagai satu-satunya anak perusahaan HYBE America.

Selanjutnya, Proyek SB adalah anak perusahaan Ithaca Holdings. SB Projects adalah agensi yang mengelola antara lain Justin Bieber, Ariana Grande, dan Demi Lovato.

Tidak seperti di K-Pop, artis di Amerika Serikat memiliki perusahaan manajemen dan label musik yang terpisah. Misalnya, selain manajemennya oleh Proyek SB, Ariana Grande juga terikat kontrak dengan Republic Records.

Untuk mengakuisisi Ithaca Holdings, HYBE America akan membayar ₩ 1,19 triliun KRW (sekitar $ 1,05 miliar USD) kepada pemegang saham dan kreditor Ithaca Holdings yang ada.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan