oleh

Asep Kurnia Solusikan Jaminan Sosial, Linmas: Sangat Terbantu

SUMEDANG – Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari dapil 5 Fraksi Golkar, Asep Kurnia, diketahui menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam program perlindungan sosial bagi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas).

Ia mengatakan, bahwa dalam Reses yang dilakukan mulai 1 hingga 3 April 2021, berfokus pada perlindungan sosial bagi Linmas karena menurutnya selama ini keselamatan dan kesejahteraan Linmas kurang diperhatikan.

“Linmas sebagai garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19, khususnya pada PPKM berskala mikro,” kata Asep saat Reses di Desa Sukadana, pada Jumat (2/4) kemarin.

Namun katanya, sebagai garda terdepan gugus tugas Covid-19, perlindungan bagi Linmas rasanya sangat kurang.

Sebagai contoh, para Linmas tidak ditanggung pemerintah jika kecelakaan, santunan kematian, beasiswa anak karena tidak memiliki upah tetap.

“Oleh karena itu, dalam Reses kedua tahun 2020-2021 ini, saya menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikutsertakan mereka dalam kepesertaan BPJS,” ujarnya.

Melalui penjelasan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan, kata Akur sapaan akrabnya, bahwa manfaat dan keuntungannya banyak, salah satunya jaminan keselamatan kerja.

“Sehingga, apabila mereka sedang bekerja kemudian terjadi kecelakaan, bisa dijamin pemerintah (BPJS),” imbuhnya.

Karena situasi Covid 19, lanjut Akur, peserta Reses dibatasi. Untuk tahap pertama Linmas yang didapatkan di Desa Cilayung, Cileles, Cikeruh, Hegarmanah, Mekargalih, Jatiroke Kecamatan Jatinangor.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga