oleh

Viral Janin di dalam Bumil Meninggal Akibat Minum Rumput Fatimah, Ini Penjelaan Ahli

Jakarta – Beberapa hari terakhir dunia media sosial dihebohkan dengan insiden viral yang terjadi pada ibu hamil. Janinnya dinyatakan keguguran setelah minum ramuan Rumput Fatimah.

“Janin meninggal akibat rumput fatimah. Detak jantung janin negatif dan ibu mengalami syok akibat pendarahan,” tulis keterangan video, dikutip dari TikTok @infobumildansikecil.

Lalu apa sebetulnya Rumput Fatimah? Guru Besar Biokimia dan Biologi Molekuler Universitas Airlangga Prof. Dr. C. A. Nidom, drh., MS mengatakan Rumput Fatimah adalah tanaman yang berasal dari Arab Saudi atau wilayah Timur Tengah. Biasa dibawa sebagai oleh-oleh usai pulang dari ibadah haji atau umrah.

Baca Juga:  Rayakan Ramadan dan Idulfitri dengan Promo Menarik dari bank bjb

“Biasanya jamaah haji atau umrah terutama yang ibu-ibu selalu mencari atau membeli Rumput Fatimah di Saudi sana. Katanya mereka percaya rumput ini berkhasiat bagi ibu-ibu muda supaya bisa segera memperoleh keturunan dan bagi ibu hamil supaya lancar saat melahirkan. Iya (bukan tanaman di Indonesia),” tegasnya kepada JawaPos.com, Kamis (1/4).

Namun Prof Nidom mengutip sebuah riset dari Universitas Sains Malaysia tentang Rumput Fatimah. Penelitian dilakukan oleh M.F. Wan Ezumi, S. Siti Amrah, A.W.M. Suhaimi, S.S.J. Mohsin.

Baca Juga:  Jabat Ketua Komisi V DPRD Jabar Haris Bobihoe  Akan Buat Program Khusus untuk Mitra Kerja

Dalam penelitian dilakukan evaluasi toksisitas reproduksi perempuan dari ekstrak air Labisia Pumila var. alata (nama latin Rumput Fatimah) pada tikus.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga