oleh

Musim Penghujan Masih Tinggi, Harga Cabai Rawit Tembus Rp 120 Ribu

SOREANG – Harga cabai rawit merah di sejumlah wilayah di Jawa Barat mengalami kenaikan, hal tersebut pun berlaku di setiap pasar yang ada di Kabupaten Bandung, harga cabe rawit berkisar Rp 120 hingga Rp 130 ribu/kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bandung, Marlan membenarkan bahwa harga cabai rawit merah mengalami kenaikan atau jadi lebih mahal. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan pasokan berkurang, namun justru permintaan cabai rawit merah banyak.

“Biasanya harga akan naik kalau polanya seperti itu. Kurang pasokan itu kenapa, kalau tidak salah cabai ini mahal karena ada gagal panen terkait cuaca,” kata Marlan saat wawancara melalui telepon seluler, Rabu (24/3).

Dikatakan Marlan, jelang ramadhan, permintaan untuk pemenuhan kebutuhan cabai rawit merah itu pasti meningkat. Oleh karenanya, jika pasokannya kurang, maka otomatis larinya ke harga. Meski harganya cukup tinggi, masih ada saja yang membelinya.

“Kalau stok di pasar mah ada, cuman harganya saja (naik, red). Ya kalau orang butuh, mah pasti beli aja,” kata Marlan.

Upaya untuk menanggulangi kenaikan harga cabai rawit merah ini tidak bisa ditanggulangi dengan program Operasi Pasar Murah (OPM), berbeda dengan daging, telur, beras, dan minyak.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga