Ketua DPC PDIP Kab. Bandung Minta Supaya Sumber Mata Air Harus Tetap Dijaga

BALEENDAH – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kabupaten Bandung Harjoko Sangganagara meminta pihak Perumda Air Minum Tirtaraharja untuk aktif menjaga dan memelihara sumber mata air tempat mereka mengambil air di area Danau Hutan Blok Cinyiruan, Kampung Citere, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

“Saat ini kami tengah menggalakan program tanam dan pelihara pohon di sekitar mata air tersebut. Hal itu untuk menjaga agar di sekitar danau ditumbuhi pohon yang lebat untuk resapan air, agar sumber mata air yang berada di danau itu tidak rusak dan mengering,” ungkap Harjoko saat diwawancara, Senin (22/3) kemarin.

Dikatakan Harjoko, selama ini sumber mata air di sana kurang terawat sehingga rawan mengalami penyusutan debit air, padahal itu merupakan sumber mata air yang selama ini dipergunakan oleh salah satu BUMD di Kabupaten Bandung.

“Saya berharap pihak Perumda Air Minum Tirtaraharja bisa lebih memperhatikan lagi kondisi lingkungan di sekitar sana, tidak hanya mengambil airnya, tapi juga menjaga lingkungan itu supaya aman,” kata Harjoko.

Harjoko menjelaskan, sebelumnya pihak Perumda Air Minum Tirtaraharja mempergunakan sumber mata air di atas tempat yang sekarang tengah dipeliharanya, namun karena sumber mata air tersebut sudah kering, akhirnya mereka berpindah ke danau yang di bawah.

“Dulunya itu sumber mata air yang di atas tempat kita yang mereka pakai, tapi sekarang disana sudah kering airnya, jadi ditinggalkan gitu aja, terus pindah ke tempat yang sekarang ini lagi kita pelihara. Kalau hanya begitu saja kan nanti bisa kering, karena kapasitas airnya itu dulu biasanya air yang keluar pipa itu penuh, dari pipanya ditampung ke bak, itu biasanya penuh, nah sekarang ini tinggal separuhnya jadi kalau dibiarkan saja, lama-lama juga kering airnya,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut Harjoko, untuk mengantisipasi hal tersebut, yang terpenting adalah hutan di sekitar sana harus dilebatkan kembali, sehingga, ia meminta kepada pihak Perumda Air Minum Tirtaraharja jangan hanya ngambil airnya tapi juga harus ikut menjaga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan