Luar Biasa! Feed Not Bomb Cimahi Hampir Setahun Sudah Berjalan, Bentuk Gerakan Menyejahterakan Hewan Liar

CIMAHI – Gerakan ini merupakan salah satu kegiatan membagikan makanan kepada hewan liar. Salah satunya adalah kepada kucing-kucing di sekitaran jalanan Kota Cimahi. Kegiatan ini disebut juga Street Feeding.

Gerakan ini dinamakan Feed Not Bomb (FNB) Cimahi.

Gerakan Feed Not Bomb Cimahi didirikan pada Bulan Maret 2020 lalu, ketika salah satu anggota Feed Not Bomb Cimahi ini awalnya ingin bergabung dengan Gerakan Feed Not Bomb Bandung. Namun karena domisilinya kejauhan di Cimahi, dan salah satu anggota dari Feed Not Bomb Bandung ini meminta untuk membuat gerakan FNB di Cimahi supaya dekat dengan tempat tinggalnya. Maka berdirilah Feed Not Bomb Cimahi.

“Tau Feed not Bomb dari Bandung gitu kan, saya tau dari Herfan dulu pertama dari feed not bomb Bandung. Ketika saya ingin bergabung di Feed not Bomb Bandung kan jauh dari tempat tinggal saya menuju bandung, kata dia disuruh bikin daerah sendiri di cimahi lebih bagus gitu kan, iya udah saya bikin di cimahi aja gitu kan,” kata Kukuh Prasetyo, Ketua Feed not Bomb Cimahi kepada Wartawan Jabar Ekspres pada Sabtu (13/3).

Ananda Rezki, peserta yang mengikuti kegiatan tersebut juga menambahkan. “Awal mula berdiri gerakan Feed Not Bomb ini dari Jakarta. Ketika banjir Jakarta banyak hewan-hewan yang bisa dibilang terjebak di genteng seperti itu. Tapi, bentuk gerakannya sebuah bentuk kolektif gak bisa memaksakan orang-orang untuk ikut dan hadir. Sehingga bisa dibilang sedikit kesulitan juga buat orang-orang yang akan gerakannya kolektif itu sendiri, makanan pun harus patungan dengan sesama,”kata Ananda.

Kegiatan ini dilakukan karena kesadaran masing-masing orang yang berinisiatif dan mengisi waktu luangnya untuk memberi makanan kepada hewan liar, salah satunya kucing-kucing di jalanan.

“Biasanya kami beli makan harganya di bawah Rp. 20.000 dan sesuai dengan kemampuan finansialnya masing-masing,” tutur Kukuh.

Dari beberapa titik yang paling biasa dikunjungi untuk memberi makanan untuk kucing liar, salah satunya di Pasar Antri Cimahi. Kedua di Taman Alun-Alun, di Pasar Atas Cimahi, dan juga di Perumahan di belakang Cimahi Mall (Cimal).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan