UI Masuk Peringkat Kedelapan Tingkat Asia Tenggara

DEPOK – Berdasarkan Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia The Times Higher Education (THE), Universitas Indonesia (UI) raih peringkat kedelapan tingkat Asia Tenggara.

Times Higher Education merilis Emerging Economies University Rankings 2021 melalui laman www.timeshighereducation.com/world-university-rankings. Dalam rangking tingkat Asia Tenggara ini, UI menempati peringkat delapan.

“UI menduduki peringkat kedelapan dari 46 negara di Asia Tenggara. Dan menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Indonesia yang masuk dalam Top 150 Emerging Economies University Ranking,” kata Rektor UI Prof Ari Kuncoro.

Lalu, dalam keterangan di Depok, Sabtu, (13/3), melansir dari Antara, ia menjelaskan bahwa perguruan tinggi memiliki kontribusi yang besar dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang adaptif di era revolusi industri yang bergerak cepat.

“Semoga UI dapat terus meningkatkan prestasinya. Berkontribusi nyata dalam membangun negeri, khususnya dalam menciptakan SDM yang unggul dan berdaya saing global,” katanya.

Pemeringkatan ini mencakup lebih dari 600 perguruan tinggi di 48 negara yang digolongkan sebagai negara berkembang di dunia.

 

Bidang studi di UI yang Masuk Jajaran ASEAN Emerging Economies Countries by Subject Category

Sebanyak 27 bidang studi di UI berhasil masuk dalam jajaran ASEAN Emerging Economies Countries by Subject Category, yakni Accounting&Finance (7), Archeology (5), Architecture (6), Art, Performing Arts & Design (6), Biological Sciences (7), Business&Management (8), Chemical Engineering (8), Chemistry (8), Civil Engineering (8).

Selanjutnya, Communications&Media Studies (7), Computer Science (8), Economics&Econometrics (7), Electrical&Electronic Engineering (8), General Engineering (8), Geography (7), Geology, Environmental, Earth and Marine Sciences (8), History, Philosophy.

Selain itu, Theology (7), Languages, Literature & Linguistics (7), Law (4), Mathematics & Statistics (7), Mechanical & Aerospace Engineering (8), Medicine & Dentistry (7), Other Health (7), Physics & Astronomy (8), Politics&International Studies (7), Psychology (6), dan Sociology (7).

Tahun 2021 adalah tahun kelima Indonesia masuk dalam pemeringkatan THE.

Lembaga ini melakukan pemeringkatan berdasarkan aspek performa pengajaran. Terdiri atas kegiatan belajar mengajar, rasio jumlah staf-mahasiswa, rasio lulusan bergelar sarjana-doktoral, penghargaan doktor sesuai dengan disiplin ilmu.

Selanjutnya, kinerja penelitian, jumlah karya perguruan tinggi yang dikutip oleh para sarjana secara global. Serta pendapatan industri serta pandangan internasional (proporsi mahasiswa asing, kolaborasi internasional).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan