oleh

8 Masalah Kesehatan yang Sering Menghantui Kaum Wanita

JAKARTA – Menjalani banyak peran dalam keseharian, kebanyakan wanita sering abai dengan masalah kesehatan dan kesejahteraannya.

Hari Perempuan Internasional bisa menjadi sebuah pengingat agar para wanita lebih memprioritaskan diri khususnya pada urusan kesehatan dan kesejahteraan sebelum melakukan hal lain.

Untuk masalah kesehatan setidaknya ada delapan isu penyakit yang harus menjadi perhatian para wanita, seperti dilansir Indian Express, Selasa.

Endometriosis

Ini terjadi ketika kelenjar yang melapisi rahim berkembang di luarnya, di ovarium, kandung kemih, rektum. Hal ini menyebabkan nyeri dan atau menstruasi yang berat, nyeri saat berhubungan, infertilitas. Untuk mengatasinya bisa dengan perawatan medis atau bedah.

Fibroid

Ini adalah tumor non-kanker yang paling umum pada wanita hamil. Fibroid dapat menyebabkan menstruasi yang berat dan atau nyeri, infertilitas, komplikasi kehamilan seperti keguguran atau persalinan dini. Mereka tumbuh dengan sangat lambat namun tidak semua fibroid memerlukan pengobatan.

Infeksi vagina dan IMS

Infeksi vagina dan IMS terjadi karena berbagai penyebab seperti bakteri (vaginosis bakteri, infeksi klamidia, kencing nanah), jamur (kandidiasis), parasit (trikomoniasis), virus (HPV, HSV).

Pemeriksaan sederhana oleh dokter dapat mendiagnosis sebagian besar infeksi dan perawatan yang tepat dapat dimulai. Sangat penting untuk mengobati infeksi ini sedini mungkin untuk mencegah komplikasi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga