Siprokarling, Sistem Keamanan yang Bekerjasama dengan Damkar untuk Halangi Perluasan Api Saat Kebakaran

BANDUNG – Terkadang, saat terjadi kebakaran, tim pemadam kebakaran (damkar) mengalami hambatan saat menuju lokasi kejadian, sehingga api telanjur meluas saat tim damkar tiba di lokasi. Maka dari itu, PT. Bahtera Dunia Pratama membuat suatu alat yang bernama Siprokarling, Sistem Proteksi Keamanan Lingkungan untuk meminimalisir terjadinya perluasan api jika terjadi kebakaran.

“Kita pengen meminimalisir bebannya damkar (pemadam kebakaran). Kita tidak bersaing dengan damkar, tapi kita kerjasama dengan damkar bagaimana caranya meminimalisir kejadian kebakaran,” kata Riza Aediansyah sebagai Design Enginering Siprokarling.

Alat penekan air dari siprokarling dibuat sedemikian rupa untuk mengurangi pemeliharaan dengan bentuk sederhana dan mudah dipergunakan serta bersifat mobile. Alat penggerak yang digunakan berupa sepeda motor agar bisa digunakan di jalanan yang sempit.

Riza mengatakan, segmen penjualannya lebih kepada lembaga pemerintah.

“Segmen penjualannya ke pemerintahan. Karena memang kita itu lebih ke pemberdayaan lingkungan, maka dari segi pemasarannya lebih ke RW, kelurahan dan (lembaga) lainnya,” ucapnya.

Alat ini bersifat partisipatif, yang dimana masyarakat harus menjaga persediaan air di lingkungannya. Jadi bilamana terjadi kebakaran, air tersebut bisa dipergunakan dalam keadaan darurat. Jangkauan satu titik outlet air bisa mencapai 100 meter. (MG8)

Tinggalkan Balasan