Bukan Kudeta

Oleh : Dahlan Iskan
LAJU kenaikan harga saham Tesla akhirnya terhenti. Tahun lalu saham Tesla naik gila-gilaan: lebih dari 100 persen. Itu membuat pemilik Tesla Elon Musk tiba-tiba jadi orang terkaya No. 1 di dunia.

Minggu lalu roda saham berputar cepat. Gelar terkaya nomor 1 itu turun ke nomor 2. Bahkan gelar nomor 2 itu pun hanya sebentar saja. Minggu lalu turun lagi ke nomor 3 atau nomor 5.

Yang mengerem laju kenaikan saham Tesla itu ternyata pemain lama otomotif: Ford. Tidak disangka, Ford fleksibel dalam memutuskan untuk masuk ke mobil listrik.

Tesla menjadi tidak sendirian lagi di pasar mobil listrik Amerika. Apalagi Ford masuk ke mobil listrik dengan strategi yang amat jitu.

Semua ahli marketing akan menilai cara Ford masuk mobil listrik ini sangat pintar. Yakni manfaatkan brand legendaris di keluarga besar Ford: Mustang.

Merek Mustang bukan saja sukses di masa lalu –tersukses kedua setelah Model T– tapi juga berhasil sangat melekat di hati orang Amerika. Sampai-sampai penggemar Mustang membuat persatuan yang sangat eksis. Mustang telah diidentikkan dengan kemachoan. Seseorang yang mengendarai Mustang dianggap lebih laki-laki.

Kini Ford memproduksi mobil listrik dengan nama Mustang Mach E. Langsung laris. Merebut pasar Tesla di Amerika. Orang pun melihat Mustang menjadi pesaing Tesla head-to-head.

Nama Mustang diambil dari nama kuda yang dibiarkan hidup liar. Kuda jenis mustang ini sekarang dilindungi. Hidupnya hanya di bagian barat Amerika.

Tahun 1930 masih ada sekitar 160.000 mustang yang hidup secara liar. Jumlah itu turun terus sampai tinggal 25.000 di tahun 1960-an. Setelah dilindungi, tahun lalu jumlah mustang menjadi sekitar 60.000 ekor.

Dua tahun lalu, ketika ke Nevada Utara, saya melihat banyak mustang hidup liar di sana. Setidaknya ada 20 mustang berlarian berkelompok. Kuda jenis mustang ini memang kelihatan lebih kecil dari kuda milik para cowboy. Tapi juga kelihatan lebih liar.

Itulah pertama kali saya melihat gerombolan mustang. Yakni ketika saya dalam perjalanan dari kota Reno ke pabrik baterai Tesla yang jauh di luar kota. Pabrik itu luasnya 1 juta hektare. Yakni di tengah-tengah padang Nevada bagian utara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan