Harga Cabai Rawit di Cimahi Semakin Tak Terkendali

CIMAHI – Cabai rawit merah di Kota Cimahi tidak hanya pedas rasanya, tetapi harganya juga ikut pedas.

Pada akhir bulan Februari 2021, harga cabai rawit merah mencapai angka Rp 120 Ribu/kg, dan semenjak memasuki awal bulan Maret 2021, harga komoditas cabai rawit merah tersebut masih bertengger di angka Rp 130 ribu/kg.

Pedasnya harga cabai rawit merah di Kota Cimahi disebabkan musim penghujan yang hingga kini masih belum selesai, berimbas pada kegagalan panen yang dialami beberapa petani cabai rawit. Semakin langka cabai rawit merah di pasaran, maka akan semakin naik pula harga jualnya.

“Kemungkinan masih akan berlangsung cukup lama. Hal itu tergantung pada pasokan dari sumber cabai rawit-nya, terutama di daerah Jawa sebagai pemasok utama untuk daerah Jawa Barat,” jelas Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Cimindi yang sekaligus sebagai pedagang sayuran, Asep Rohendi, Minggu (7/3).

Menurut Asep Rohendi, harga cabai rawit merah bisa lebih ditekan apabila pemerintah mau ikut turun tangan. Salah satunya dengan cara membuka kran impor cabai rawit merah. Seperti dari Vietnam atau Thailand.

“Kalau operasi pasar, saya kira nggak perlu, karena ini penyebab utamanya adalah pasokan yang berkurang drastis, terutama dari pemasok utamanya,” jelas Asep.

Dikatakan Asep, tingginya harga cabai rawit merah membuat para konsumen terpaksa mengurangi konsumsi cabai rawit merah sebagai salah satu bumbu masak dapur.

“Untuk konsumen, dengan harga cabai rawit yang selangit atau bisa dikatakan menjerit, mengakalinya dengan cara mengurangi konsumsi terhadap cabai rawit merah. Imbasnya di tingkat pedagang yang penjualannya mengalami penurunan drastis, lebih dari 50%. Kita biasanya tidak ada stok, langsung beli, langsung jual,” terangnya.

Asep menuturkan bahwa musim hujan tidak hanya berpengaruh pada harga cabai rawit merah, namun berpengaruh juga pada komoditas beberapa jenis sayuran lainnya yang turut mengalami kenaikan.

“Cabai merah tanjung di kisaran Rp 40-50 ribu/kg, biasanya di bawah Rp 30 ribu/kg, cabai kriting merah di kisaran Rp 40-50 ribu/kg, cabai rawit hijau di kisaran Rp 50-60 ribu/kg. Kenaikan di kisaran 30-40%. Sayuran lainnya yang mengalami kenaikan signifikan yakni buncis, kacang panjang, bawang merah, dan tomat,” ungkap Asep.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan