oleh

Mahfud MD: Karhutla di Indonesia Turun Sekitar 82 Persen

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut kejadian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Tanah Air dalam satu tahun terakhir turun sekitar 82 persen, berdasarkan data yang dihimpun pada 2019 dan 2020.

“Turun sebesar 82 persen dari yang terjadi pada tahun 2019. Sudah sangat jauh,” kata Mahfud dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) 2021 di Jakarta, Jumat, (5/3).

Mahfud menyebutkan total luas wilayah kasus karhutla pada tahun 2019 tercatat 2,6 juta hektare, sedangkan tahun 2020, turun menjadi 296.942 hektare.

Mahfud meminta agar seluruh komponen tetap menjaga situasi tersebut dengan upaya-upaya komprehensif dalam implementasi percepatan penanggulangan karhutla sebagaimana tertuang dalam Inpres Nomor 3 Tahun 2020.

“Mari kita jaga situasi ini karena pemerintah sudah berkomitmen untuk melaksanakan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan sebagai wujud kehadiran negara,” katanya, dilansir dari Antara.

Melalui Inpres tersebut, Presiden memerintahkan kepada seluruh komponen yang ditunjuk untuk melakukan upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Indonesia yang meliputi kegiatan pencegahan terjadinya karhutla.

Dalam peresmian dan pembukaan acara Rakonas PB BNPB 2021 di Istana Negara pada Rabu (3/3), ia menyebutkan upaya pencegahan dan mitigasi harus dilakukan sebagai kunci utama dalam pengurangan risiko bencana.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga