Optimis Akusisi Fasos dan Fasum, Pemkot Cimahi Incar 6 Perumahan Tahun ini

CIMAHI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi tetap optimis mengakusisi aset Fasilitas Sosial (Fasos) dan Fasilitas Umum (Fasum) di enam perumahan di Kota Cimahi meski sebelumnya sempat tertunda akibat Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Bidang Tata Ruang pada, DPUPR Kota Cimahi Amy Pringgo Mardhani mengatakan, tahun ini pihaknya berharap bisa mengakusisi aset enam perumahan di Kota Cimahi. Namun titik-titiknya belum ditentukan.

“Kita targetnya 6 PSU tahun ini yang bisa ditarik asetnya menjadi milik pemerintah,” kata Amy saat ditemui, Kamis (4/3).

Dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 9 Tahun 2009 tentang Pedoman Penyerahan Sarana Prasarana Utilitas Perumahan dan Pemukiman di Daerah dan Peraturan Daerah (Perda) Kota Cimahi Nomor 10 tahun 2017 tentang Penyediaan Penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Perumahan dan Pemukiman, pengembang atau depelover harus menyerahkan Fasos dan Fasum kepada pemerintah.

Di Kota Cimahi, tercatat ada sekitar 100 perumahan, namun yang asetnya sudah diserahkan ke pemerintah daeah baru sedikit. Tahun lalu, terang Ami, pihaknya sudah mengakusisi enam aset Fasos dan Fasum perumahan.

Diantaranya yaitu Istana Gardenia, Grand Cimahi City, Nanjung Regency, Royal Pancanaka Garden, Pondok Mas dan Taman Bukit Cibogo.

Sepanjang, kata Amy, pihaknya mulai menyasar target perumahan yang akan diakusisi asset Fasos dan Fasum. Namun terhalang virus korona sehingga kegiatannya harus ditunda sementara waktu.

“Kemarin ada tambahan satu. Mereka sanahat kooperatif,” ucapnya.

Selain virus korona, pihaknya mengalami kesulitan melakukan serah terima fasos dan fasum lantaran pengembang proyek perumahan rata-rata tidak bisa dihubungi.

“Misalnya yang Bukit Cimindi, sudah ditelepon pengembangnya tapi tidak merespon. Kita akan coba bersurat juga, kalau masih tidak ada respon kita ganti dulu ke perumahan yang sudah siap seperti Royal Pancanaka Garden di Ciuyah, Cipageran,” ungkapnya.

Amy melanjutkan, akusisi aset Fasos dan Fasum perumahan ini menjadi salah satu cara untuk mempertahankan dan menambah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Cimahi.

“Ini program signifikan untuk menambah RTH. Jadi nanti RTH di perumahannya kita kelola biar tidak beralih fungsi,” pungkasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan