oleh

Para Peneliti Mengungkap, Ada Aktivitas Gunung Berapi Purba yang Tersembunyi di Bawah Gurun Utah

UTAH – Fenomena alam aneh di dunia kini semakin bermunculan. Seperti dilansir sciencealert.com, salah satu temuan para ilmuan di Amerika menyebutkan bahwa hamparan gurun pasir di negara bagian wilayah Pegunungan Barat Amerika Serikat disebutkan menyimpan energi vulkanik kuno yang tersembunyi di sistem bawah tanah.

Ahli gempa Maria Mesimeri dari Universitas Utah mengatakan, pada 2018 dan 2019 pernah terjadi gempa. Tapi itu bukan dari aktivitas tektonik, tetapi merupakan gemuruh seismik yang dihasilkan oleh bidang vulkanik Gurun Batu Hitam – sistem vulkanik kuno di Gurun Sevier Utah yang telah aktif selama lebih dari 6 juta tahun.

“Penemuan menunjukkan bahwa sistem tersebut masih aktif dan gempa bumi mungkin hasil dari pergerakan terkait cairan di area umum,” kata Maria.

“Gempa bumi bisa jadi akibat cairan yang masuk melalui batuan atau akibat deformasi dari gerakan fluida yang menekan patahan permukaan,” tambah dia lagi.

Gempa yang terjadi pada September 2018 dan April 2019 tercatat seismometer dalam Jaringan Seismik Regional Utah dan instrumen proyek eksperimental yang disebut Utah FORGE, Departemen Energi AS.

Analisis selanjutnya dari bentuk gelombang menunjukkan bahwa gempa ini bukanlah hasil dari aktivitas tektonik, dengan sinyal dangkal yang berasal dari kedalaman kurang dari 2,5 kilometer (1,5 mil) di bawah permukaan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga