oleh

Gelombang PHK Massal Terjadi di Kota Cimahi Sepanjang Tahun 2020

CIMAHI – Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi mencatat, jumlah pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepanjang tahun 2020 mencapai 448 orang dari 12 perusahaan yang berdomisili di Kota Cimahi.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Kota Cimahi, Juperianto Marbun mengungkapkan, pandemi Covid-19 sangat memukul industri di Kota Cimahi sehingga terpaksa harus melakukan kebijakan merumahkan dan PHK terhadap pekerjanya.

“Di antaranya itu karena ketidaksanggupan perusahaan untuk membayar. Kemudian juga mungkin UMK,” ungkap Juperianto saat ditemui, Rabu (3/3).

Jumlah PHK kemudian bertambah awal tahun 2021. Di mana ada dua perusahaan yang melakukan PHK terhadap sekitar 109 karyawannya. Sehingga total jumlah PHK sejak tahun 2020 hingga Januari 2021 menjadi 557 orang.

“Totalnya dari tahun lalu sampai Januari 2021 ada 14 perusahaan. Penambahan yang di PHK ada 100 lebih,” ungkap Juperianto.

Selain PHK, pandemi Covid-19 juga memaksa perusahaan untuk merumahkan karyawannya. Tercatat ada 4.083 pekerja yang dirumahkan dari total 17 perusahaan sepanjang tahun 2020.

Meski begitu, kata dia, awal tahun ini geliat industri di Kota Cimahi mulai penunjukan perbaikan. Sebab, banyak pekerja yang dirumahkan, kembali dipanggil kembali untuk bekerja.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga