Tectona Peduli Lingkungan Lakukan Gerakan Penanaman Ratusan Pohon

BANDUNG – Tectona Peduli Lingkungan merupakan program kegiatan sosial dari PT. TECTONA CIPTA NIAGA hasil dari kolaborasi dengan IKA SKMA (Ikatan Alumni Sekolah Kehutanan Menengah Atas) Bandung Raya, BPDASHL (Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung) Cimanuk-Citanduy dan Masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan yang di lakukan adalah melakukan penanaman ratusan pohon di atas lahan milik masyarakat di Desa Banjaran Wetan, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung.

Kegiatan penanaman pohon dihadiri oleh Yuni Apriliani dari Pengurus Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SKMA Bandung Raya, Ahmed Cascadi dari Perwakilan dari BPDASHL Cimanuk-Citanduy, Siswa SMK AN-NUR IBUN Majalaya, Warga masyarakat sekitar dan Karyawan PT. Tectona Cipta Niaga.

Deden mengatakan kegiatan penanaman ini menyertakan siswa SMK AN-NUR IBUN Majalaya yang sedang Praktek Kerja Industri (PKL) di perusahaannya dan didukung oleh IKA SKMA Bandung Raya dan BPDASHL Cimanuk-Citanduy.

Bencana alam longsor dan banjir akhir-akhir ini sering terjadi di berbagai wilayah yang ada di Jawa Barat. Tentunya kejadian tersebut menyisakan duka mendalam. Maka dari itu Tectona Peduli Lingkungan menyelenggarakan penanaman ratusan pohon di wilayah tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan dapat mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor,” ujar H. Deden Hermadin Direktur PT. Tectona Cipta Niaga dalam keteranganya di lokasi penanaman.

Jenis pohon yang ditanam terdiri dari buah buahan seperti kelengkeng, mangga, kopi, durian, jambu, nangka walanda (sirsak) dan pohon pucuk merah. Keterbatasan lahan milik warga membuat penanaman jumlah pohon yang ditanam tidak begitu banyak.

Jenis pohon yang ditanam telah dipilih khusus agar bisa memberikan manfaat jangka panjang dan mampu memproduksi oksigen dalam jumlah besar. Pohon yang ditanam juga adalah pohon dapat menghasilkan buah-buahan untuk dinikmati hasilnya.

”Harapannya populasi pohon yang tinggi nantinya akan jadi lumbung air, bisa menahan terjadinya tanah longsor dan buahnya bermanfaat bagi warga. Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari IKA SKMA Bandung Raya Jawa Barat dan BPDASHL Cimanuk-Citanduy, kata Deden yang juga Pengurus Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Kabupaten Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan