oleh

Ratusan Lagu K-Pop Hilang di Spotify, Begini Penjelasan dari Pihak Spotify

JAKARTA – Pengguna Spotify di berbagai negara banyak yang terkejut karena lagu-lagu K-pop dari sejumlah artis idola mereka mendadak lenyap dari daftar lagu tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Spotify dalam keterangan resminya membenarkan bahwa pihaknya memang telah menghapus ratusan lagu K-pop dalam daftar katalog.

Itu dengan alasan perjanjian kesepakatan kerja sama lisensi global dengan distributor musik Korea, Kakao M telah berakhir. Artinya semua penyanyi lagu-lagu mereka berada di bawah Kakao M juga ikut dihapus.

“Itu karena perjanjian lisensi kami dengan Kakao M berakhir pada 1 Maret 2021. Oleh karena itu, kami tidak dapat memberikan katalognya kepada penggemar dan pendengar di seluruh dunia,” jelas Spotify dalam keterangannya dilansir JawaPos.com dari Soompi, Senin (1/3).

Akibat berakhirnya perjanjian lisensi Kakao M dan Spotify, ada banyak penyanyi Korea terkena dampak. Di antaranya adalah IU, SEVENTEEN, NU’EST, MAMAMOO, Epik High, CL, GFRIEND, MONSTA X, Apink, THE BOYZ, Sunmi, (G) I-DLE, LOONA, SF9, HyunA, 4Minute, VIXX, INFINITE, Dreamcatcher, MOMOLAND, ASTRO, Zico, Block B, BEAST, Jessi, WJSN, AOA, BTOB, Golden Child, VICTON, Lovelyz, PENTAGON, ONEUS, Hyolyn, KARD, Brave Girls, CNBLUE, DIA, Younha, SECHSKIES, dan yang lainnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga