oleh

Pasca Revitalisasi, Situ Rawa Kalong Bertransformasi Jadi Lebih Cantik

DEPOK – Terletak di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Depok, Situ Rawa Kalong menurut cerita warga setempat dahulunya merupakan sebuah danau kumuh tempat aneka macam sampah, limbah dan tumbuhan liar berporos.

Kondisinya mulai berangsur membaik setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat didukung pemerintah pusat dan juga Pemerintah Kota Depok melakukan revitalisasi kawasan situ (danau) untuk tujuan wisata.

“Dulu kawasan Situ Rawa Kalong ini dipenuhi rumput liar (eceng gondok) yang hampir memenuhi seluruh area permukaan. Selain itu juga terdapat sampah yang berserakan di tepi situ,” kata Sukatno, warga RT2/RW1, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis kepada wartawan, Kamis (25/2).

Sukatno sendiri bukanlah warga asli Curug. Ia merupakan warga asli Pacitan, yang kebetulan merantau ke Jakarta pada warsa 70-an.

Sekitar tahun 1980, bersama sang istri, ia memutuskan untuk pindah ke daerah Depok. Di Depok, ia dan istrinya bekerja di sebuah pabrik garmen yang berlokasi di Kelurahan Suka Maju Baru, Kecamatan Tapos, yang berjarak hanya puluhan meter dari Situ Rawa Kalong.

Karena industri tempat ia dan istri bekerja gulung tikar, pada 1991 mereka memutuskan pindah dan menetap di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga