oleh

Layanan Transportasi Mirip Busway di Cimahi Masuki Tahap Uji Kelayakan

CIMAHI – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi mengungkapkan, pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau Bus Rapid Transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap final study kelayakan.

Di mana dalam rencana pengembangan tersebut mencakup 5 wilayah di Bandung Raya, yakni Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Sumedang.

Kepala Seksi Angkutan pada Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, berdasarkan hasil rapat terakhir, tahapan selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah penandatanganan nota kesepahaman terkait pengembangan BRT di Kawasan Cekungan Bandung.

“Dimana pihak-pihak yang terkait adalah Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kota Cimahi, Kota Bandung, KBB, Kabupaten Bandung, dan Sumedang,” ungkap Ranto, Rabu (24/2).

Ranto menerangkan, untuk hal-hal teknis terkait rencana pengembangan angkutan massal berbasis jala di Kawasan perkotaan Cekungan Bandung akan dituangkan lebih lanjut dalam rencana kerja untuk mengimplementasikan kerja sama yang lebih teknis dan operasional.

Berdasarkan kajian tersebut, untuk desain dan konstruksi rencananya akan dilaksanakan pada tahun 2022. “Dan kalau berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang siginifikan, BRT tersebut akan diuji coba dan mulai beroperasi awal 2023,” sebut Ranto.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga