Derby Merseyside, Kota Liverpool Dibirukan Everton

LIVERPOOLDerby Merseyside merupakan julukan yang disematkan dalam pertandingan antara dua tim paling sukses di Kota Liverpool, Inggris. Yakni, Everton dan Liverpool FC.

Bertandang ke Anfield, Minggu (21/1) dini hari WIB, derby Merseyside yang kesekian itu, dimenangi oleh Everton. Sebuah kemenangan yang sekaligus membuat Kota Liverpool dipenuhi warna biru, alih-alih merah.

Bahkan, tak hanya memenangi laga prestisius nan penuh gengsi, Everton juga turut memperpanjang penderitaan Liverpool di Premier League.

Hasil pahit itu membuat The Reds menduduki posisi keenam dalam klasemen dengan koleksi 40 poin, sedangkan Everton yang juga mengkoleksi 40 poin menempati posisi ketujuh.

Richarlison membuka keunggulan The Toffees saat pertandingan baru berlangsung tiga menit, sebelum penalti Gylfi Sigurdsson menggandakan kedudukan pada menit ke-83.

Kemenangan itu mengakhiri penantian 22 tahun Everton untuk menang di Anfield. Richarlison membawa Everton memimpin pada awal pertandingan saat memaksimalkan bola kiriman James Rodriguez.

Penyelesaian mendatar pemain Brasil itu gagal dihalau kiper Alisson Becker.

Jordan Pickford kemudian melakukan beberapa penyelamatan penting untuk menggagalkan upaya Jordan Henderson, Sadio Mane, dan Mohamed Salah, ketika tuan rumah berjuang keras menyamakan kedudukan.

Situasi makin memburuk bagi Liverpool saat Henderson ditarik keluar lapangan akibat cedera dan posisinya diisi oleh Nathaniel Philipps.

Everton menggandakan keunggulan saat VAR menyatakan Trent Alexander-Arnold melakukan pelanggaran terhadap Dominic Calvert-Lewin di kotak penalti.

Eksekusi penalti dilakukan dengan sempurna oleh Sigurdsson untuk memastikan kemenangan tim tamu.

Liverpool akan berusaha bisa kembali ke jalur kemenangan saat dijamu Sheffield United pada Minggu pekan depan, sedangkan Everton menjamu Southampton sehari setelahnya. (antara/jpnn)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan