Daeng Sulap Tanah Tandus menjadi Kawasan Hijau dan Kolam Renang Alami

BANDUNG – Berawal dari keinginan membuat tempat berkumpulnya keluarga, Andi Oktaviandi, atau biasa dipanggil Daeng Udjo (50) pemilik serta pengelola dari kolam renang ‘No Kaporit’ menyulap daerah tandus menjadi kolam renang alami yang banyak di kunjungi mahasiswa serta warga Bandung.

Lokasinya berada di Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tepatnya di kaki Gunung Manglayang. Untuk sampai ke kolam renang ini dibutuhkan waktu sekitar 20-30 menit perjalanan dari Kecamatan Ujungberung-Pasir Angin atau Kecamatan Cibiru-Cilengrang I-Pasir Angin.

“Tujuannya saya beli tanah ini pada tahun 2007 ingin menenangkan diri dari penyakit dan alhamdulillah sembuh, serta saya ingin membuat tempat wisata untuk keluarga,” tutur Daeng pada team Jabar Expres.

Dari awalnya tanah yang tandus Daeng mulai menanam pepohonan serta membuat jalan setapak sedikit demi sedikit sendiri menggunakan alamat manual seperti cangkul.

“Saya tidak mau menggunakan alat-alat berat seperti beko gitu lah, karna takut merusak alam sekitar, sehingga saya tanam dan bangun dengan alat-alat manual,” sambungnya.

Dari hasil tersebut Daeng pun bisa belajar mengenai alam sekitarnya serta mulai bisa menjinakkan ular kobra, serta menjadi obat tersendiri untuk penyakit-penyakitnya.

“Selain membuat kolam renang alami ini, saya juga ingin membuat sebuah lahan edukasi untuk mengenalkan alam serta bagaimana memanfaatkan alam namun tidak merusaknya,”

Ia berharap selain membuat kolam renang alami dari mata air pegunungan ini dan membuka lahan edukasi untuk warga sekitar atau pengunjung, ia masih mencoba menanam berbagai macam tumbuhan dan tanaman yang cocok, serta bisa menjaga tanah gembuh yang bisa mengakibatkan tanah longsor.(mg13/wan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan