Satgas Citarum Harum Patroli Malam Susuri Situ Cisanti

KERTASARI – Guna menjaga kondusivitas wilayah di kawasan Situ Cisanti dan sekitarnya dari tangan jahil pencurian ikan dan pencabutan tanaman, Dansektor 1 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi gelar apel malam sekaligus pimpin patroli malam susuri Situ Cisanti.

Purwadi mengatakan, patroli susur Situ Cisanti dilaksanakan bersama beberapa orang anggota Satgas Citarum Harum yang bertugas piket malam, untuk melakukan patroli yang diawali dari situ Cisanti Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung.

Kali ini, kata Purwadi, patroli difokuskan sekitar kawasan Cisanti, hal itu untuk mengantisipasi adanya pencurian ikan dan tanaman.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena, pada saat malam libur apalagi cuaca hujan biasanya terjadi penyimpangan. Disini biasanya ada pencurian ikan, perusakan tanaman atau pencabutan tanaman yang sudah kita tanam,” kata Purwadi saat dikonfirmasi, Minggu (14/2).

Menurutnya, apabila ada yang tertangkap, akan beri hukuman sosial selain disita alat pancingnya, hukuman itu diberikan berupa kerja bakti selama tiga hari berturut turut atau mengganti ikan sebanyak 10 kg yang langsung ditebar atau dimasukan kembali ke Situ Cisanti.

“Selain mengelilingi kawasan situ, kami pun mengontrol alat ukur debit air serta saluran air yang mengairi pertanian warga,” paparnya.

Purwadi pun mengaku, sebelum bertugas di Sektor 1, dirinya pernah bertugas di Sektor 7 Citarum Harum di wilayah Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah. Kerap kali ia bersama anggotanya melakukan patroli malam dan alhasil menemukan sejumlah pabrik yang memiliki saluran air siluman yang membuang cairan limbahnya tanpa diproses terlebih dahulu.

“Nah, di Sektor 1 pun kami menerapkan hal yang sama, dengan patroli malam untuk mengamankan pohon dan ikan yang pernah ditanam dan ditabur di sekitar wilayah Cisanti,” tandasnya. (yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan