oleh

PPBPTI Rilis Harga Resmi Bibit Tanaman untuk Pastikan Harga Tetap Wajar

JAKARTA – Perkumpulan Penangkar Benih Perkebunan dan Tanaman Perkebunan Indonesia (PPBPTI) telah merilis harga bibit tanaman perkebunan untuk 2021. Hal ini untuk memberi kepastian bagi konsumen dan memastikan penangkar menjual dengan harga yang wajar.

“Harga ini sekaligus menjadi acuan untuk menentukan bibit yang ditawarkan secara tidak rasional, apakah terlalu mahal atau terlalu murah sehingga berisiko pada mutu benih yang tidak layak,” kata Ketua PPBPTI Badaruddin Sabang Puang di Jakarta, Sabtu, (13/2), melansir dari Antara.

Baca Juga:  Mahasiswa S1, Pertukaran Pelajar dan Magang Dapat Terima LPDP

Menurutnya, harga ini berdasarkan harga pasar, ongkos produksi, dan manfaat dengan pertimbangan masih terjangkau konsumen, namun manfaatnya masih melebih biaya yang dibayar. Di sisi lain, penangkar bisa mendapatkan keuntungan yang kemudian bisa menjadi modal untuk peningkatan kapasitas.

“Banyak dari harga rilis ini angka yang sama dari harga beberapa tahun sebelumnya, sementara harga-harga produk lain sudah meningkat beberapa kali dampak dari inflasi,” kata Badaruddin melalui keterangan tertulis.

Baca Juga:  Tips Jitu Khatam Qur'an Selama Ramadan

Di samping itu, ia juga menegaskan asosiasi akan mempercepat penerapan standarisasi pembibitan di tingkat anggota dan penangkar agar melakukan pembibitan sesuai dengan SOP yang sama sesuai dengan pedoman produksi benih yang diterbitkan oleh pemerintah.

Produsen benih juga wajib memiliki sertifikasi kompetensi dan mengembangkan sistem penelusuran. Sehingga, konsumen dapat memperoleh benih dengan standar yang sama dari Aceh hingga Papua karena penangkar memilih keahlian yang memadai, dan menerapkan metode pembibitan dengan acuan yang sama.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga