Simulasi Pengerjaan Proyek Tol Cisumdawu Ditargetkan Selesai pada Lebaran 2021

SUMEDANG – Diketahui bahwa Kementerian PUPR tengah melakukan simulasi pengerjaan proyek Tol Cisumdawu di Gerbang Tol Cileunyi pada Kamis, (11/2).

Terkait hal itu, Kepala Satker Tol Cisumdawu, Yus Rizal Kurniawan mengatakan bahwa untuk integrasi awal tersebut diperlukan Tol Gate sementara. Nantinya Tol Gate sementara ini akan mengakomodir arus lalu lintas termasuk ke Tol Cisumdawu.

“Nah untuk integrasi awal ini diperlukan pembongkaran dulu terhadap Toll Gate Exiting sebanyak dua Tol Gate,” kata Rizal saat diwawancarai pada Kamis, (11/2/21).

Kemudian tambah Rizal, saat ini dibutuhkan simulasi untuk nantinya setelah proses integrasi ini apakah berjalan traffic ataukah berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya.

“Untuk melayani arus dari Tol Padaleunyi yang akan keluar menuju arah Sumedang, Bandung, maupun ke arah Garut, Tasik,” ujarnya.

Simulasi tersebut dijelaskan Rizal akan dimulai pada pukul 10.00 (WIB) pagi hingga pukul 20.00 (WIB) malam.

“Dipilih hari ini karena memang diperkirakan arus mudik atau arus lalulintas yang menuju keluar Tol Padaleunyi mengalami puncaknya dikarenakan besok sudah hari libur,” tuturnya.

Terkait pelaksanaan pada hari ini katanya agar nanti hasilnya dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihaknya untuk perbaikan integrasi antara Tol Padaleunyi ke Tol Cisumdawu.

Sementara untuk target integrasi tersebut, Rizal berharap agar dapat selesai menjelang lebaran 2021.

“Jadi Tol Cisumdawu nanti akan difungsikan untuk pengalihannya yah, pengalihannya pada saat lebaran nanti dari Tol Padaleunyi menuju ke Tol Garut, Tasik, maupun Tol ke arah Sumedang,” imbuhnya.

Kemudian untuk kendala yang dihadapi, Rizal menjelaskan bahwa kepada masyarakat nanti mungkin terjadi sedikit antrian di Toll Gate dikarenakan Toll Gate Exiting ini akan dibongkar dua buah.

“Namun ini pun akan segera kami bangun Toll Gate sementaranya sehingga nanti untuk selanjutnya, integrasinya tidak terjadi kemacetan,” pungkasnya.

Rizal mengimbau agar kepada masyarakat dapat patuhi rambu-rambu lalulintas yang akan dipasang menjelang Toll Gate Cileunyi, yang akan menuju keluar dari Bandung menuju ke arah Garut, Tasik, maupun ke arah Sumedang.

“Yang masuk tidak ada perubahan, yang dari arah Sumedang, Garut, Tasik itu tidak ada perubahan. Jadi hanya yang menuju ke arah keluar,” tutup Rizal. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan