oleh

Setelah PBA, Pasar Melong Segera Diajukan Supaya Capai SNI

CIMAHI – Pasar Melong akan diajukan untuk meraih SNI 8152:2015, langkah persiapan tersebut dilakukan oleh Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi.

“Kita akan ajukan Pasar Pelong untuk meraih SNI. Target 2022 harus terealisasi. Awal tahun 2022 pengajuan, sekarang inversi dulu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Teja Dahliawati pada Disdagkoperin Kota Cimahi, Selasa (9/2).

Adapun pengajuan Pasar Melong untuk menjadi pasar SNI sebetulnya pernah dilakukan. Pihaknya telah mengajukan pada tahun sebelumnya tetapi dari sisi sarana prasarana tidak terlalu banyak yang dibenahi.

Baca Juga:  Harga Ayam dan Telur Berangsur Naik Selama Ramadan

Untuk mendapatkan sertifikat SNI ada 44 parameter yang perlu disiapkan oleh Disdagkoperin Kota Cimahi di antaranya ukuran luas ruangan dagang dengan minimal 2 meter persegi, jumlah pos ukur ulang minimal 2 pos, pembagian zonasi pasar, jumlah pedagang yang terdaftar, dan lebar koridor dengan minimal 1,8 meter.

Teja mengakui penerapan SNI 8152:2015 tidak hanya menguntungkan para pedagang, tapi juga menguntungkan para konsumen. Hal tersebut karena SNI menekankan faktor kebersihan, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan.

Baca Juga:  Awasi Destinasi Wisata, 15.000 Rapid Test Antigen Disiapkan Disparbud Jabar

“Konsumen akan merasakan pasar bersih, sehat, nyaman, dan terukur. Sementara pedagang harapannya dengan fasilitas yang sudah kita berinvensi, apalagi ber-SNI memudahkan mereka untuk berjualan lebih nyaman dan aman dengan omset yang lebih baik,” jelasnya. (mg12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga