Satgas Covid-19 Temukan Tiga Goweser Reaktif

Dinkes Minta Ketiganya Segera Pulang dan Segera Lakukan Isolasi

CIMENYAN – Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap dua, Polresta Bandung mendapati tiga orang goweser reaktif di Simpang Dago Bengkok Cimenyan, Kabupaten Bandung, Minggu, (7/2).

Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan melalui Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Erik Bangun Prakasa mengatakan, saat anggota Satlantas bersama personil gabungan Satgas Covid 19 melakukan penyekatan, didapati beberapa Kendaraan luar daerah maupun masyarakat yang melaksanakan olahraga bersepeda (goweser) yang akan menuju ke Kawasan wisata Tahura Dago.

”Saat lakukan penyekatan, dari 58 orang yang dilakukan swab antigen secara acak, didapati tiga orang yang kebetulan sedang olahraga bersepeda (goweser) reaktif covid-19,” ungkap Erik melalui pesan singkat.

Dia mengungkapkan, tiga goweser yang reaktif tersebut tidak ditahan, melainkan petugas Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung menyarankan mereka agar segera kembali dan langsung lakukan isolasi diri di rumah masing-masing untuk selanjutnya melaksanakan Swab PCR.

”Yang reaktif semuanya berasal dari Kota Bandung,” ungkapnya.

Menurutnya, meski pihaknya menemukan adanya tiga goweser yang reaktif, namun Satgas tidak akan melarang warga untuk bersepeda, namun dirinya meminta warga tetap menerapkan protokol kesehatan seperti melaksanakan 4M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

”Kami tidak melarang para goweser untuk beraktifitas, tapi mereka harus dalam kondisi sehat dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, selain melaksanakan tes rapid antigen, Satgas Covid-19 juga memutar balikan sebanyak 37 kendaraan dari luar daerah. Hal tersebut dilakukan karena para pengendara tersebut tidak dapat menunjukkan surat keterangan sehat berupa hasil swab antigen.

Di hari yang sama, Polsek Baleendah juga menggelar Operasi Yustisi di wilayah hukum Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Raya Banjaran, tepatnya di sekitar Kulalet, Kecamatan Baleendah.

Dalam kegiatan ini, Polsek Baleendah bersama unsur TNI, Satpol PP, dan Linmas juga membagikan sebanyak 500 masker secara gratis kepada pengguna jalan.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Hendra Kurniawan melalui Kapolsek Baleendah AKP Sungkowo menjelaskan, dilaksanakannya Operasi Yustisi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan