Cegah Penyebaran Covid-19, Pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan

SUMEDANG – Pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah pasar pada Jumat, (5/2), guna meminimalkan penyebaran Covid-19 di area pasar yang riskan karena tingkat interaksi masyarakat yang tinggi.

Dalam pelaksanaannya, pihak yang ikut dalam proses penyemprotan tersebut tidak hanya dari instansi pemerintah seperti TNI, Polri, Damkar dan BPBD, namun juga dari gabungan Organisasi Masyarakat (Ormas) dan anggota Pramuka.

Kegiatan tersebut sebelumnya rutin dilakukan oleh tim Pemadam Kebakaran (Damkar) beserta petugas kebersihan pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Penyemprotan disinfektan kali ini dilakukan bersama-sama dengan membentuk tim gabungan beserta Ormas-ormas di Kabupaten Sumedang.

Kapolsek Tanjungsari, Kompol Deden Mulyana yang turut hadir di pasar Tanjungsari mengucapkan terima kasih kepada setiap unsur yang ikut bergabung dalam kegiatan penyemprotan di pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang.

Apel persiapan kegiatan penyemprotan cairan disinfektan di pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang, Dok. Yanuar Baswata, Jabar Ekspres.

“Berawal dari tiga wilayah dengan angka terbanyak penyebaran Covid. Sumedang Utara, Sumedang Selatan dan Tanjungsari. Kita mencoba memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan,” kata Deden di pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang pada Jumat, (5/2).

Deden mengatakan bahwa Tanjungsari yang berada di tiga terbesar penyebaran Covid-19, Tanjungsari sebagai penyumbang korban terbanyak sebab tercatat lebih dari 10 orang yang telah terpapar dan meninggal dunia.

“Karena pasar ini sebagai tempat yang terlalu riskan, karena aktivitasnya yang tidak mengenal waktu,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan di pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang ini sebagai bentuk ikhtiar (usaha) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dengan penyemprotan disinfektan di area ini, mudah-mudahan kuman-kuman yang ada di wilayah pasar ini dapat dibasmi yah,” tutup Deden.

Pada proses pelaksanaannya terlihat bahwa area penyemprotan dilakukan dengan membagi tim gabungan menjadi 6 tim dengan aturan membersihkan sampah-sampah yang berserakan terlebih dahulu, kemudian disemprotkan cairan disinfektan.

Adapun untuk penyemprotannya tidak hanya dilakukan di dalam pasar, tetapi juga di luar pasar yang dianggap masih termasuk dalam area pasar Tanjungsari Kabupaten Sumedang. (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan