Forkabi, Organisasi Masyarakar Betawi yang Ikut Peduli Korban Kecamatan Cimanggung Sumedang

SUMEDANG – Seperti diketahui sebelumnya bahwa wilayah Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang pada Sabtu, (9/1/21) lalu sempat dilanda musibah banjir serta tanah longsor.

Terkait hal itu, warga yang terdampak bencana banjir serta longsor terpaksa harus tinggal sementara di tenda pengungsian.

Mengingat hal tersebut, pemerintah, para warga, serta organisasi satukan kekuatan dengan terus menyalurkan bantuan.

Bantuan yang sampai untuk korban bencana Cimanggung tidak hanya dari Sumedang dan Jabar, namun datang pula dari Betawi.

Sabtu, (30/1), Organisasi masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta memberikan bantuan kepada korban longsor yang diterima melalui Kades Cihanjuang, Yuyus Yusuf.

Ketua Forkabi Pasar Rebo Budi Hartono mengatakan, Forum Anak Betawi memberikan bantuan berbentuk sembako, popok bayi, sejadah, mukena, pakaian layak pakai, serta makanan. Meskipun jauh dari Betawi, namun jiwa sosial mereka merasa terpanggil.

“Ya meskipun kami Ormas, gak digaji, namun kami terpanggil saudara kita di Sumedang yang terkena bencana. Jadi, kami berikan bantuan itu untuk meringankan beban mereka meskipun sedikit,” kata Budi kepada wartawan di Sumedang pada Sabtu, (30/1).

Budi melanjutkan, Sabtu (30/1) merupakan kunjungan pertama Ormas Forkabi Pasar Rebo untuk datang dan membantu korban longsor Sumedang. Pada tanggal 1 Februari nanti, Forkabi akan kembali lagi untuk memberikan bantuan dari Forkabi Cipinang dan Melayu.

“Alasanya disini kami banyak kenalan dengan tokoh masyarakat. Lintas ormas, ada sepuh kita kebetulan disini. Dan kebetulan Kampung ini pernah berkunjung ke Cijantung Pasar Rebo,” ujarnya.

Budi menuturkan bahwa dengan bantuan yang diberikan oleh Forkabi terhadap korban terdampak, mudah-mudahan aksinya dapat menjadi contoh bagi ormas lainnya.

Forkabi sendiri, lanjut Budi adalah lembaga swadaya masyarakat yang resmi dan selalu berjiwa sosial. Ormas ini dilantik okeh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan selalu bersinergi dengan 4 pilar. – (Mg10)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan