Dinilai Manjur, RI Pesan 50 Juta Dosis Vaksin Novavax

“Ini adalah hasil-hasil yang baik. Ada alasan untuk optimistis,” ujar Glenda Gray, kepada Dewan Penelitian Medis Afrika Selatan.

Novavax berkata masih butuh data tambahan sebelum bisa mengajukan izin penggunaan di Inggris. Targetnya, Novavax akan melakukan itu bulan depan. Studi Novavax di AS dan Meksiko juga berlangsung. Novavax sudah masuk uji klinis fase 3 di AS dan butuh 30 ribu relawan.

AS sendiri menggelontorkan dana USD1,6 miliar pada Novavax untuk mengembangkan dan memproduksi vaksin potensial. Mereka akan menyediakan 100 juta dosis vaksin ke AS pada awal 2021.

Indonesia juga turut memesan vaksin Novavax. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mengatakan, sudah memesan 50 juta dosis vaksin Novavax dan mendapat opsi tambahan 50 juta dosis lain.

Menteri kesehatan, Budi Gunadi Sadikin menatakan, Indonesia akan menggunakan 5 jalur pengadaan vaksin corona, salah satunya adalah dari Novavax.

“Indonesia akan memesan sebanyak total 130 juta dosis, dengan 50 juta dosis dalam pemesanan pasti, dan 80 juta dosis lainnya sebagai opsi penambahan atau cadangan apabila stok vaksin di negara ini terhambat,” kata Budi.

Apabila uji klinis tahap III yang sedang dilakukan lancar, kata Budi, maka vaksin ini diperkirakan akan tiba di Indonesia secara bertahap, mulai dari bulan Juni 2021 hingga bulan Maret 2022.

“Diperkirakan vaksin tiba pada Juni 2021 hingga Maret 2022,” pungkasnya. (der/fin)

Tinggalkan Balasan