oleh

Lengangnya Kawasan Longsor Cihanjuang, Sumedang

SUMEDANG – Longsor yang terjadi dua pekan lalu mambawa trauma tersendiri bagi warga di kawasan longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, terlihat dari lenggangnya dikawasan sekitaran longsor.

Hujan yang semakin intens membuat warga sekitaran merasa khawatir akan terjadinya longsor susulan yang mungkin saja akan terjadi kembali.

Menurut Edi Suryadi, 30, salah satu warga yang rumahnya berada di kawasan longsor menjelaskan bahwa saat ini banyak warga yang lebih memilih mengungsi di kerabat atau keluarga terdekat, saat ini pun kawasan ini masih berada di Zona Merah sehingga untuk malam hari seluruh warga mengungsi tidak ada yang berada di kawasan ini, hanya sesekali untuk membersihkan sisa-sisa lumpur yang sering terbawa saat hujan.

“Sudah ada imbauan dari Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) kemungkinan terjadi longsor kembali dan terdapat dua retakan sehingga masyarakat harus waspada akan longsor kembali,” tutur Edi, Rabu (27/1).

Untuk saat ini masih ada warga yang melintas kawasan longsor, namun untuk warga sekitar banyak yang lebih memilih mengungsi hingga mendapat kemungkinan pasti keamanan dari pemerintah.

Seperti yang telah kita ketahui, bencana longsor telah terjadi di Desa Cihanjuang, Kabupaten Sumedang pada 9 Januari 2021 yang telah menewaskan 40 orang warga. Tak hanya itu, beberapa bangunan juga rusak parah akibat timbunan dari bencana longsor tersebut.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga